Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Workshop Inkubasi Dan Tenant Gathering, BPPT : Sinergi Perusahaan Berbasis Teknologi Untuk Kemandirian Bangsa

Industri inovatif, merupakan industri yang berbasis iptek dan selalu mengandalkan iptek untuk pengembangan usahanya. Di beberapa negara maju seperti Jerman, Amerika Serikat dan Jepang, sudah merupakan industri yang mendukung perekonomian nasional. Pada akhir ini di China, industri inovatif ini sangat pesat perkembangannya.

 

BPPT sebagai sebuah Lembaga Pemerintah non Kementerian (LPNK) yang berfokus pada pengkajian dan penerapan teknologi memiliki enam peran untuk meningkatkan daya saing bangsa. Beberapa peran seperti intermediasi teknologi serta difusi dan komersialisasi teknologi dijalankan oleh Balai Inkubator Teknologi melalui kegiatan inkubasi untuk menciptakan perusahaan pemula berbasis teknologi (PPBT).

 

 

Balai yang didirikan secara resmi pada tahun 2001, selama kurun waktu dari pendirian sampai dengan sekarang telah di inkubasi sebanyak 131 tenant.

 

Deputi Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi (PKT) BPPT, Gatot Dwianto pada acara Workshop Inkubasi dan Tenant Gathering BPPT 2018 di BPPT (04/09) menyebutkan, proses inkubasi kepada perusahaan pemula tersebut biasanya berjalan selama tiga tahun.

 

Proses inkubasi dimulai dari menseleksi calon usaha yang akan didampingi, menyediakan sarana perkantoran, uji produksi dan sertifikasi, akses legalitas perusahaan, peningkatan kapasitas SDM melalui mentoring serta pelatihan, akses pasar dan akses pembiayaan, jelasnya.

 

Dikatakan Gatot, workshop inkubasi dan tenant gathering ini dirancang untuk mengetahui sejauh mana bisnis-bisnis yang telah lulus program inkubasi berkembang serta bagaimana mereka bisa bertahan dan bersaing pada dunia bisnis yang sebenarnya. Selain itu dibutuhkan juga masukan untuk formulasi perbaikan proses inkubasi di masa yang akan datang. Pertemuan para pelaku bisnis pada forum ini diharapkan akan tercipta sinergi diantara mereka, dan terjalin kemitraan dengan para stake holder dan mitra pendukung inkubasi.

 

Peran inkubator sangat vital dalam mensukseskan program pendirian 100 teknopark yang dimulai sejak 2015-2019. Menurut Gatot, peran BIT sangatlah penting bagi tumbuhnya enterpreneur-enterpreneur baru yang berdaya saing dengan pemanfaatan teknologi dan inovasi. BIT dirancang untuk membantu usaha baru dan sedang berkembang menjadi pengusaha yang mandiri melalui serangkaian pendampingan terpadu meliputi penyediaan sarana perkantoran, uji produksi, uji pasar, konsultasi manajemen, teknologi, pemasaran dan keuangan, pelatihan, serta penciptaan jaringan usaha baik lokal maupun internasional.

 

Inilah salah satu bentuk peran serta BPPT dalam mendukung dan mendorong daya saing perekonomian nasional, khususnya dalam strategi meningkatkan daya saing dan kemandirian bangsa, jelas Gatot.

 

Sementara, Kepala Balai Inkubator Teknologi BPPT Anugerah Widiyanto menjelaskan mengenai  syarat menjadi tenant di BIT.

 

Dikatakan Anugerah beberapa syarat diantara adalah sudah punya sertifikat halal, izin edar dan sebagainya, dan juga harus sanggup untuk menjadi dirinya sendiri atau menjadi start up.

 

Untuk masuk di kegiatan inkubasi, dikatakan Anugerah kesiapan teknologinya minimal tujuh, dan untuk lulus paling tidak sudah punya profit dan akses baik pemasaran maupun bahan baku. Kita juga akan melihat selama inkubasi pertumbuhannya seperti dari objek dan penyerapan karyawannya, ujar Anugerah.

 

Sebagai informasi di acara ini juga dipamerkan produk-produk tenant yang sedang diinkubasi. Beberapa tenant telah berhasil mengembangkan bisnisnya dan produknya dimanfaatkan oleh konsumen serta dinilai baik. Beberapa mitra daerah dan perguruan tinggi yang pernah bekerja sama dalam inisiasi pendirian Pusat Inovasi atau inkubator juga diundang. Mereka antara lain: Kota Pekalongan, Kota Cimahi, Kabupaten Pelalawan, Universitas Negeri Surakarta, Universitas Pekalongan, Universitas Diponogoro dan mitra-mitra lainnya. (Humas/HMP)

 

 

 

 

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id