• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

BPPT JALIN KERJASAMA DENGAN PEMKOT SURAKARTA

{rokbox}images/stories/bppt_surakarta.jpg{/rokbox}Gerakan Membangun Sistem Inovasi dan Daya Saing Daerah Kota Surakarta (Gerbang Indah Surakarta) merupakan tema pada acara di Ball Room Sunan Hotel Surakarta pada 28 Mei 2009. Acara tersebut dihadiri kalangan Akademisi, Bisnis dan Government Kota Surakarta. Hadir pula perwakilan Solo Raya (Subosukowonosraten: Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, dan Klaten), DPRD Surakarta, DRD Propinsi Jawa Tengah dan DRN, perwakilan instansi pusat antara lain Sestama BPPT, Deputi Kepala BPPT Bidang PKT beserta Direktur dan Kepala Bidang, Menko Perekonomian, Deperin, KUKM, Kantor Menpora serta Kantor Kementerian Pemberdayaan Perempuan).

Dalam sambutannya Sestama BPPT Jumain Appe yang mengatakan BPPT telah melakukan kegiatan kerjasama dengan pemerintah daerah yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengkaji adanya Dewan Riset Daerah yang akan membantu daerah-daerah tersebut dalam mengembangkan daerahnya yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi, kerjasama antara BPPT dan Pemerintah kota Surakarta dapat membantu kota Surakarta dalam memperkuat sistem inovasi dan daya saing daerah, tentunya merupakan pilar penting bagi sistem inovasi dan daya saing nasional. Pengembangan pusat-pusat inovasi UMKM merupakan prakarsa penting dalam mendorong ekonomi kerakyatan yang lebih inovatif dan berdaya saing dalam menghadapi persaingan global. BPPT mempunyai program yang disebut Pusat Inovasi UMKM, karena BPPT sebagai lembaga yang banyak bergerak di bidang teknologi, banyak dirasakan oleh masyarakat terutama UMKM sehingga BPPT menjadi suatu koordinator pelaksana Pusat Inovasi UMKM.

Sementara itu Walikota Surakarta Joko Widodo juga mengatakan dalam sambutannya bahwa SDM di Solo Raya ini betul-betul dilihat oleh dunia luar karena tidak hanya bersaing dengan daerah yang lain saja, melainkan dengan daerah di negara lain. Acuan kota Solo sekarang ini adalah bukan standar nasional tetapi internasional seperti Solo Technopark. Dengan selesainya Solo Technopark diharapkan menjadi sebuah tempat timbulnya inovasi-inovasi dari daerah.
Acara dilanjutkan dengan Penandatanganan MoU antara Pemkot Surakarta dengan BPPT tentang Pengkajian, Penerapan dan Pemasyarakatan Teknologi Untuk Mendukung Pembangunan Daerah Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah. Tujuan dari kesepakatan ini bersama ini bertujuan untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensi daerah serta meningkatkan kapasitas masyarakat dan lembaga-lembaga daerah melalui pengkajian dan penerapan dan masyarakat teknologi untuk mendukung pembangunan daerah kota Surakarta.
Pada Kesempatan yang sama juga dilakukan Pelantikan Dewan Riset Kota Surakarta oleh Walikota Surakarta, kemudian dilanjutkan dengan Diskusi Panel tentang Tanggapan Pemerintah pusat terhadap agenda Kota Surakarta yang dihadiri pembicara para eselon I pemerintah pusat yang di pandu oleh Ketua Tim Pelaksanaan Nasional PI-UKM serta tanya jawab dengan audiens.
Acara di akhiri dengan kunjungan ke Solo Techno Park yang merupakan kawasan terpadu yang menggabungkan dunia, industri, perguruan tinggi, pusat riset dan pelatihan, kewirausahaan, perbankan pemerintah pusat dan daerah dalam satu lokasi yang memungkinkan aliran informasi dan teknologi secara lebih efesien dan cepat. Konsep Solo Technopark lahir sebagai peningkatan lebih lanjut dari program pelatihan di SCTC (Surakarta Competency and Technology Center) Dalam tempo yang relatif singkat SCTC berhasil menempatkan diri sebagai pusat pelatihan mekanik bermutu tinggi dan berstandar internasional. SCTC adalah sebuah model sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah kota, pihak swasta pendidikan (ATMI) dan industri, yang dinilai amat berhasil. Untuk memperluas cakupan bidang industri yang bisa ditangani oleh SCTC dan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi, maka konsep Solo Technopark diusulkan sebagai pilihan strategis yang kompetitif.(as/Humas)

Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT