Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

RITECH Expo 2014, Ajang Pamer Inovasi di Bidang Pangan, Energi dan Air

19 tahun yang lalu, tepatnya 10 Agustus 1995, adalah tonggak sejarah peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas). Kala itu, pesawat N250 Gatotkaca buatan anak bangsa yang dirintis Menristek/Kepala BPPT, BJ Habibie, melakukan terbang perdana.

Hakteknas kali ini mengusung tema "Inovasi Pangan, Energi, dan Air untuk Daya Saing Bangsa". Tema itu dipilih untuk menyadari bahwa penelitian dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) harus bertumpu pada kebutuhan nyata masyarakat.

Pada rangkaian perayaan Hakteknas ke-19 2014 ini juga dilaksanakan kegiatan Research Innovation Technology (Ritech) Expo pada tanggal 9-12 Agustus 2014, di Gedung II BPPT Jakarta. Di ajang Ritech Expo 2014 ini BPPT menampilkan kegiatan dari Pusat Teknologi Agroindustri, Pusat Teknologi Produksi Pertanian, Pusat Teknologi Konversi dan Konservasi Energi, Balai Besar Teknologi Pati, Balai Teknologi Lingkungan, dan UPT Hujan Buatan.


"Ritech Expo kali ini mengutamakan hasil-hasil riset di bidang teknologi pangan, energi, dan air. Selain itu, pada peringatan Hakteknas 2014 juga dilaksanakan kegiatan internasional ditingkat ASEAN yang dihadiri menteri di bidang teknologi dari negara ASEAN. Pada kegiatan itu akan membicarakan mengenai kemajuan teknologi dan kerjasama-kerjasama internasional dengan 10 negara ASEAN dalam rangka menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015," kata Gusti, di acara pembukaan Ritech Expo 2014, di Gedung II BPPT Jakarta, (9/8).

Gusti menuturkan, Inovasi-inovasi teknologi di bidang pangan, energi dan air, menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. Seperti penelitian di bidang pangan ditujukan untuk meningkatkan nilai tambah hasil pertanian. Penelitian di bidang energi ditujukan untuk meningkatkan penyediaan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan. Dan, penelitian di bidang air ditujukan untuk penyediaan, pengendalian dan pengelolaan air.

"Selain itu, tujuan dari Ritech Expo 2014 ini adalah sebagai wahana atau media untuk memberikan sesuatu yang baru (science experience) kepada masyarakat dan sebagai media interaksi ilmu pengetahuan antar para peserta," tuturnya.

Menristek juga berharap, dengan ditampilkannya inovasi teknologi di bidang pangan, energi dan air, maka akan semakin mendorong masyarakat untuk lebih mencintai produk-produk dalam negeri. Karena siapa lagi yang mau membeli produk dalam negeri kalau bukan bangsanya sendiri.

"Saya juga berpesan agar kita sama-sama mendorong hasil karya anak bangsa untuk segera diproduksi secara massal dan juga mencintai produk dalam negeri. Yang saya sangat senang dari pameran ini adalah sudah ada beberapa barang yang sudah diproduksi, seperti radar dan sistem perisalah dari BPPT. Apabila semakin banyak hasil riset karya anak bangsa yang diproduksi, maka Indonesia bisa menjadi negara yang maju," tutup Gusti. (Tw/SYRA/Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id