Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Capaian BPPT dalam Mewujudkan Budaya Inovasi di Indonesia

Di Acara Puncak Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-19 tahun 2014 yang bertema "Inovasi Pangan, Energi, dan Air untuk Daya Saing Bangsa", Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta memaparkan capaian-capaian utama dalam rangka mewujudkan kemandirian, kedaulatan dan kesinambungan pada ketiga bidang tersebut.

"Capaian BPPT dalam mendukung tema Hakteknas 2014 di bidang energi adalah menghasilkan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) dan telah diujicobakan bersama dengan PT Pertamina, PLN dan PT Star Energy Gheotermal," kata Gusti di Acara Puncak Peringatan Hakteknas ke-19 tahun 2014, (11/8).

 

Sementara, di bidang air, BPPT juga berhasil mengembangkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang telah dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, seperti meningkatkan kapasitas air waduk, penanganan kebakaran hutan di berbagai wilayah di Indonesia dan pengendalian hujan di Jakarta untuk mengurangi terjadinya banjir. Untuk mendukung kegiatan tersebut, maka akan ditandatangani MoU antara BPPT, BNPB, PT PLN dan PT Inalum,PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM).

Selain itu, ada juga capaian dari Lembaga Pemerintahan Non Kementerian (LPNK) di bawah koordinasi dengan Kemenristek dan lintas sektor (akademisi, bisnis, dan pemerintah).

Capain dari BPPT adalah telah bekerjasama dengan PT Petrosida Gresik mengembangkan fasilitas produksi enzim hasil litbang BPPT. Di samping itu, BPPT yang tergabung dalam konsorsium keselamatan kereta api yang melibatkan PT LEN, IPB, ITS, PT Pindad dan Kementerian Perhubungan melakukan pengembangan teknologi Computer Based Integration, Automatic Rem Protection dan lainnya.

Di bidang kesehatan, BPPT menjadi anggota konsorsium vaksin Hepatitis B yang telah menghasilkan kandidat vaksin Hepatitis B. Konsorsium ini melibatkan lembaga Eijkman, PT Bio Farma, ITB.

Di bidang transportasi, saat ini salah satu industri nasional bersama lembaga riset LAPAN, BPPT, LIPI dan BATAN, sedang mengembangkan pesawat turboprop regional berkapasitas 80-90 penumpang dengan menggandeng PT DI. Kerjasama ini akan menggunakan fasilitas penelitian dan pengujian yang ada di kawasan Puspiptek.

Untuk capaian lintas sektor, Menristek menyebutkan telah terwujudnya sebaran pusat unggulan Iptek di Indonesia. Selain itu, telah terbangunnya Indonesia Life Science Center di Puspiptek Serpong, serta adanya perubahan Undang-Undang (UU) Nomor 18 tahun 2002, yaitu terkait penguatan koordinasi, hal strategi, harmonisasi, dan pembinaan riset.

"Saya berharap capaian-capaian itu dapat terus ditingkatkan. Mari kita bersama-sama mewujudkan budaya inovasi untuk menuju Indonesia maju 2025," tutup Gusti.

Sebagai informasi, di rangkaian acara peringatan Hakteknas juga berlangsung penyerahan buku 19 karya Unggulan Teknologi Anak bangsa dan Dokumentasi hasil Musrenas Iptek, dari Menristek kepada Wapres. Selain itu, Kemenristek juga memberikan sejumlah penghargaan kepada instansi dan individu yang berdedikasi di bidang Iptek. (TW/SYRA/Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id