Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT-LIPI Kukuhkan Profesor Riset

Profesor riset merupakan puncak karir jabatan fungsional seorang Peneliti. Pengangkatan seorang Peneliti Utama menjadi Profesor Riset adalah pengakuan dan kepercayaan terhadap keberhasilan dalam mengemban tugas penelitian, sekaligus merupakan penghormatan atas pengangkatannya dalam jabatan Peneliti Utama.

 

Gelar Profesor Riset juga sebagai wujud pengakuan, kepercayaan dan penghormatan yang diberikan atas keberhasilan seorang PNS dalam mengemban tugasnya di bidang penelitian dan pengembangan yang diberikan kepada peneliti utama yang sudah menyampaikan orasi ilmiah dalam suatu prosesi upacara pengukuhan.

 

Setelah melalui proses di lingkungan internal BPPT dan kemudian dilanjutkan dengan sidang di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang merupakan Instansi Pembina Jabatan Fungsional Peneliti, kali ini BPPT mengukuhkan tiga profesor riset, yaitu Prof.Dr. Bambang Haryanto, M.S. di Bidang Pengolahan Hasil Panen (Teknologi Pasca Panen). Prof.Dr. Titin Handayani, M.Si. di Bidang Produksi Tanaman dan Holtikultura. Dan, Prof. Dr. Buana Ma’ruf, M.Sc. di Bidang Teknologi Maritim.

 

Di BPPT, Peneliti merupakan jabatan fungsional terbesar ke-2 setelah Perekayasa, tercatat saat ini BPPT telah memiliki 28 Profesor Riset. Dikukuhkannya tiga Profesor Riset pada hari ini, maka jumlah Profesor Riset BPPT bertambah menjadi 31 orang. Sedangkan, secara nasional merupakan Profesor Riset ke-442, 443 dan 444.

 

Gelar Profesor Riset merupakan incentives non material terhadap komunitas peneliti dan merupakan pengakuan resmi pemerintah dan negara. Oleh karena itu, Profesor Riset diharapkan dapat lebih memacu peningkatan kualitas penelitian serta kualitas bimbingan kepada para peneliti yang lebih muda.

 

Jabatan Profesor Riset tentunya mempunyai implikasi terhadap tugas dan tanggung jawab yang tinggi terhadap pengembangan dan berperan aktif bersama para pejabat fungsional peneliti dan perekayasa.

 

Oleh karena itu, perlu adanya sinergi antara peneliti dan perakayasa agar dapat berperan dalam pengembangan dan penerapan teknologi untuk pembangunan bangsa. Profesor riset yang telah dikukuhkan nantinya diharapkan dapat menjadi simpul dalam keahlian tertentu sehingga dapat menghasilkan ahli-ahli muda yang handal dalam bidang tertentu. (Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id