• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

BJ Habibie Technology Award BPPT Dorong Inovasi untuk Kemandirian Bangsa

Dalam pembangunan berbasis pengetahuan, inovasi berperan sangat penting. Terlebih lagi jika mencermati tiga isu strategis Indonesia ke depan, yaitu ancaman pendapatan menengah (middle income threat), kesenjangan multidimensi, dan degradasi lingkungan. Tiga isu tersebut tidak mungkin dapat berhasil diatasi tanpa adanya inovasi di Indonesia.

 

Karena itu, sejalan dengan tugas dan fungsi Badan Pengkajian dan Penerpaan Teknologi (BPPT), maka peningkatan inovasi teknologi merupakan komitmen BPPT. Hal ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya invensi ataupun hasil perekayasaan yang berbuah menjadi inovasi yang dimanfaatkan oleh para mitra pengguna, baik kalangan bisnis maupun pemerintahan.

 

 

Kesungguhan atas peningkatan inovasi teknologi ini dituangkan dalam visi BPPT, yaitu: Sebagai Pusat Unggulan Teknologi yang mengutamakan inovasi dan pelayanan teknologi, untuk mewujudkan pelayanan publik, peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa.

 

Kepala BPPT Unggul Priyanto mengatakan penguasaan dan kemajuan teknologi selalu menjadi tolak ukur sebuah bangsa yang berdaya. Tak hanya dapat memanfaatkan teknologi yang ada, tetapi juga mampu mencipta, melakukan inovasi dan mengembangkannya. Sebuah bangsa menjadi berdaya, bukan semata hanya karena faktor keberlimpahan sumber daya alamnya, tapi lebih dikarenakan pemberdayaan sumber daya manusianya.

 

"Untuk mendorong pelaku teknologi agar terus berinovasi dan menciptakan teknologi, maka BPPT menginisiasi pemberian penghargaan kepada para pelaku teknologi melalui sebuah kegiatan Bacharuddin Jusuf Habibie Technology Award (BJHTA). Penghargaan ini adalah pemberian penghargaan tertinggi kepada insan pelaku teknologi yang berjasa pada bangsa dan negara Indonesia dalam berinovasi dan berkreasi menghasilkan karya nyata di bidang teknologi," kata Unggul di acara penganugerahan BJHTA 2015, di Auditorium BPPT, Jakarta, (20/8).

 

Kepala BPPT menyampaikan, setelah mempertimbangkan dengan seksama, tim penilai memilih dan meyepakati untuk menetapkan Pemenang Bacharuddin Jusuf Habibie Technology Award 2015 jatuh kepada Warsito P Taruno dengan karya teknologi Electrical Capacitance Volume Tomography (ECVT), sebuah sistem pemindai berbasis medan listrik statis telah diaplikasikan secara luas di dunia industri dan medis.

 

"Teknologi yang ditemukan dan dikembangkan Warsito ini telah dikenal di dunia Internasional. Banyak lembaga dunia telah menggunakan ECVT untuk pengembangan lebih lanjut seperti Departemen Energi AS, NASA, Kyoto University, Ohio State University, University of Cambridge, King Abdul Aziz University, Universiti Kebangsaan Malaysia, dan University of Malaya. Teknologi ECVT di Indonesia telah digunakan untuk memindai tabung gas, pemindaian shale gas, pendeteksian aktifitas dan disfungsi otak, pemindaian kanker payudara," ujar Kepala BPPT.

 

Untuk diketahui, sebagai salah satu Anak Intelektual Habibie yang mendapatkan kesempatan studi pada jurusan Teknik Kimia dan S2, S3 di Jurusan Elektro Shizuoka University, Warsito telah mendapatkan berbagai penghargaan di tingkat nasional maupun internasional. Invensi ini merupakan wujud nyata kontribusi bangsa dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dunia.

 

Unggul menjelaskan, penganugerahaan Penghargaan Teknologi BJHTA adalah salah satu upaya BPPT untuk memberikan timbulnya hasrat inovasi dan penciptaan teknologi kepada pelaku teknologi yang berpestasi. Ke depan diharapkan setiap insan teknologi mampu berinovasi dan berkreasi menghasilkan karya nyata yang bermanfaat untuk peningkatan kapasitas industri dan secara umum meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

 

"Sekali lagi. Saya atas nama pribadi dan BPPT beserta seluruh insan teknologi Indonesia mengucapkan selamat Kepada Warsito P Taruno. Semoga prestasi hari ini, di sini, di BPPT, dapat mendorong tercapainya prestasi inovasi dalam karya teknologi yang lebih memberikan manfaat pada masyarakat Indonesia," tutup Unggul. (Humas)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT