• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kepala BPPT Tinjau Perkembangan Techno Park Maritim

 

Rencana kegiatan program National Science Techno Park (NSTP) Maritim di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengacu atas pembangunan fisik maupun non fisik yang meliputi peningkatan produk unggulan maritim technopark berbasis Natural Resources Accounting (NRA), rencana spasial dan model kelembagaan maritim teknopark, pengembangan jaringan inovasi teknopark maritime, survey kelautan untuk industri maritim, penerapan teknologi observasi kelautan, penerapan teknologi inventarisasi sda kelautan, penerapan dan pelatihan teknologi lingkungan kelautan untuk peningkatan nilai tambah sumberdaya alam kelautan, penerapan dan pelatihan teknologi pengembangan sda kelautan pasca panen/tangkap, penerapan teknologi hijau untuk konservasi lingkungan dan penerapan dan pelatihan teknologi pengolahan air minum untuk masyarakat.

 

 

 

Terkait hal itu Kepala BPPT Unggul Prinyato meyakini kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik. Kerjasama yang saling mengisi kedua pihak sangatlah penting untuk mewujudkan tercapainya target keseluruhan kegiatan, baik jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang, dikatakan Unggul saat bertemu Bupati PPU di kantor Bupati (5/11).   

 

Unggul menambahkan, hal ini tentu atas dasar kajian bersama antara BPPT dan Pemerintah Kabupaten PPU, baik atas dasar potensi sumberdaya alam kelautan yang ada maupun atas kebutuhan masyarakat kabupaten PPU.

 

“Melalui pertemuan ini kita dapat memperoleh gambaran yang jelas sejauh mana capaian kegiatan NSTP Maritim PPU pada 2015, serta tantangan dan hambatan apa saja yang dihadapi untuk perbaikan pelaksanaan kegiatan tahun berikutnya”.

 

“Kami mengapresiasi kepada pihak Pemerintah PPU atas kerjasama dan dukungannya kepada BPPT dalam pelaksanaan program NSTP ini," ungkap Unggul 

 

Senada dengan Kepala BPPT,  Bupati PPU Yusran Aspar mengatakan kami berharap kegiatan NSTP ini dapar berjalan dengan baik, dukungan dari BPPT selama ini tetntu banyak manfaatnya.

 

Kedepan sinergi untuk kegiatan nasional ini dapat dukungan dari pihak asing untuk mendukung program NSTP, tambah Yusran.

 

Sebagai informasi Kepala BPPT didampingi Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam, Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioindustri dan rombongan mengunjungi dua lokasi yang dijadikan program NSTP.

 

Dua lokasi tersebut, pertama Kepala BPPT dan rombongan mengunjungi pengelolaan instalasi air asin  menjadi  air siap minum dengan kapasitas 10.000 liter per hari, yang sudah dapat dirasakan manfaatnnya langsung oleh masyarakat.  Adapun  lokasi pengelolaan tersebut berada di Kelurahan Tanjung Tengah, Kecamatan Penajam.

 

Lokasi berikutnya rumah produksi pengelolaan  rumput laut di Tanjung tengah. Dilokasi telah dihasilkan beberapa produk unggulan rumput laut yang diinisiasi oleh BPPT beberapa waktu lalu. Adapun capaiannya antara lain,  produk pangan berbahan baku rumput selai, manisan, mie, pie dan air sirup, sedangkan produk non pangan berbahan baku rumput laut sabun dan pelembab kulit.  Produk tersebut pun sudah dijadikan warga binaan setempat untuk menciptakan peluang usaha. (Humas)

 

Galeri foto kegiatan ini dapat dilihat disini

 

 

 

 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT