Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

KAPAL BARUNA JAYA IV BAWA MISI KEMANUSIAAN DAN TEKNIS KE PADANG

Gempa bumi yang terjadi di Sumatera Barat, Rabu 30 September 2009 lalu menimbulkan kerugian dan kehilangan luar biasa bagi masyarakat setempat. Data terakhir menyebutkan lebih dari 80 ribu bangunan rusak parah dan lebih dari lima ratus jiwa meninggal. Musibah tersebut menumbuhkan rasa solidaritas dari berbagai kalangan, baik masyarakat umum maupun instansi pemerintah, termasuk BPPT yang turut menggalang bantuan dalam berbagai bentuk untuk dikirimkan ke daerah bencana dengan menggunakan Kapal Baruna Jaya IV BPPT.

Bantuan yang dikirim berupa pakaian, alat sholat, makanan, selimut, obat-obatan dan genset portable antara lain berasal dari Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra), Departemen Agama, Dunia Bintang Walet, Medco Energi, Yayasan Ar Rahman, RS Ginjal Bandung, Bank OCBC NISP serta bantuan dari masyarakat umum secara resmi dilepas oleh Sekretaris Utama BPPT Jumain Appe, di Dermaga 208 Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta (6/10).

‚Kami berharap bantuan ini tidak berhenti sampai disini, kami akan terus mengkoordinir baik dalam penggalangan maupun pengirimannya‚ ungkap Jumain saat acara tersebut. ‚Kapal Baruna Jaya IV ini juga membawa tim teknis yang diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar dalam memberikan bantuan mitigasi bencana sehingga dapat mengurangi jumlah korban yang timbul‚, lanjutnya.

Tim yang dipimpin oleh Perekayasa bidang Teknologi Survei Kelautan BPPT Imam Mudita, berjumlah 17 orang ditambah dengan beberapa relawan umum dan diperkirakan akan tiba di Teluk Bayur pada Jumat (9/10).

Pada kesempatan yang sama Direktur Pusat Teknologi Sumberdaya Lahan, Wilayah dan Mitigasi Bencana BPPT Ridwan Djamaluddin mengatakan bahwa Tim Operasi Bakti Teknologi Gempa Ranah Minang ini tidak hanya mengemban misi kemanusiaan tetapi juga misi teknis. ‚Selesai dari Padang, kami akan melakukan survei di pusat gempa dan kemudian memasang buoy tsunami Indonesia di Kepulauan Mentawai bagian barat‚, jelasnya. (YRA/humas)



FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id