Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Lirik Inovasi Energi Terbarukan Inggris, BPPT Kunjungi Cranfield University Inggris

 

Sebagai salah satu negara industri modern, Inggris tentu mumpuni untuk dirujuk Indonesia khususnya terkait perkembangan inovasi dan teknologi yang diterapkan di negeri Ratu Elizabeth tersebut.

 

 

Sebagai instansi pengkaji terap teknologi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) kali ini berkesempatan mengunjungi Cranfield University, Inggris. Sekretaris Utama BPPT, Soni Solistia Wirawan kala bertemu perwakilan Cranfield lantas membahas mengenai peluang kerjasama dalam hal pengiriman karyasiswa BPPT ke Cranfield University, khususnya dalam bidang renewable energy atau energi terbarukan.

 

 

 "Ini adalah kesempatan kita untuk belajar dan melihat kemajuan inovasi dan teknologi terkait pengembangan energi terbarukan di Inggris. Kami berharap akan ada  kerjasama antara BPPT dan Cranfield, utamanya untuk program karyasiswa," kata Soni pada pertemuan yang dihelat di Building 52 Cranfield University, UK.

 

 

Menurut Sekretaris Utama, tantangan terbesar dalam penggunaan energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia adalah masalah kebijakan. EBT sulit bersaing dengan bahan bakar konvensional seperti premium, karena mendapatkan subsidi dari pemerintah.

 

 

Lebih lanjut diutarakan Soni bahwa fasilitas technopark yang dimiliki Cranfield atau Cranfield Technology Park, perlu dijadikan contoh bagi program nasional pemerintah tentang technopark di Indonesia.

 

 

"Di Indonesia, kini tengah dilaksanakan program nasional Science and Technology Park, kita berharap akan ada transfer teknologi dan inovasi dari Cranfield ini untuk diterapkan di Technopark yang didampingi oleh BPPT," pungkas Soni.

 

 

Sebagai informasi, pada kesempatan ini rombongan diterima dan berdiskusi dengan Head of School of Energy, Cranfield Univ, Prof. Fergall Brennan. (Humas/hmp)

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id