Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Juli Mendatang, BPPT Siap Gelar Kongres Teknologi Nasional 2017

 

Ketua Kongres Teknologi Nasional (KTN) 2017 Hammam Riza membuka jumpa pers KTN 2017 yang berfokus pada tiga bidang teknologi, yaitu kesehatan, informasi dan komunikasi, serta transportasi di Gd. BPPT, Jakarta, 21-06-2017. Foto: HumasBPPT - SAS

 

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), 17-19 Juli mendatang, akan selenggarakan Kongres Teknologi Nasional (KTN) 2017. Gelaran KTN kali kedua ini mengambil tema “Inovasi Teknologi untuk Daya Saing dan Kemandirian Bangsa”.

 

Deputi Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material (TIEM BPPT), Hammam Riza mengatakan, KTN akan fokus pada tiga bidang teknologi, yakni Teknologi Kesehatan, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Teknologi Transportasi.  

 

"Pada kesempatan ini, kami BPPT mengajak berbagai pihak untuk dapat berpartisipasi dalam KTN, yang merupakan forum pertemuan para pakar baik dari kalangan Pemerintah, BUMN, industri, maupun para praktisi nasional dan internasional," ungkap Hammam saat media launching KTN di Kantor BPPT, Jakarta (21/6).

 

Hammam kemudian menuturkan kongres ini bertujuan untuk menyiapkan Rekomendasi Teknologi dalam rangka mendukung pembangunan nasional, pengembangan industri nasional, peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa melalui inovasi dan layanan teknologi sesuai dengan program pemerintah yang tertuang dalam Agenda Nawacita dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahap III 2015-2019.  

 

"Masih lemahnya peran dan eksistensi inovasi teknologi dalam mendukung perkembangan industri nasional, pada hakikatnya tidak terlepas dari permasalahan regulasi terkait. Masalah lain yaitu Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Sisnas Iptek) dalam mendukung ekonomi berlandaskan IPTEK (Knowledge Based Economy) belum terimplementasi dengan baik dalam berbagai sektor. Demikian halnya penerapan dan penguasaan teknologi dalam mengatasi rendahnya daya saing produk masih terbatas. Ini perlu dicarikan solusinya, untuk itulah KTN 2017 ini kami adakan," tegas Hammam.

 

Sebagai informasi gelaran KTN 2017 ini juga akan dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, serta dihadiri Menteri PAN&RB, Menteri Ristek dan Dikti, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Kesehatan, Menteri Perhubungan dan Menteri Sekretaris Kabinet. Selain itu, pada sesi pembahasan akan menghadirkan pakar serta praktisi teknologi di bidang Kesehatan, TIK dan Transportasi baik dari kalangan akademisi, industri maupun pemerintahan dari dalam negeri dan lembaga riset internasional seperti  AIST-Jepang, KRIBB- Korea, PNORS Australia, ASEAN CIO Association, University of Queensland, dan principal technology provider lainnya.

 

Sebagai informasi tentang materi diskusi KTN ini, untuk bidang teknologi Kesehatan akan meluncurkan Outlook Kesehatan, yang memuat tentang analisa kepakaran BPPT terkait permasalahan dan solusi teknologi di bidang kesehatan. Selain itu juga dilakukan pembahasan terkait Arah Kebijakan Pemerintah dalam Pengembangan dan Kemandirian Industri Farmasi Nasional, Penguatan Inovasi Teknologi dalam Pengembangan Industri Biofarmasi Nasional, serta Penguatan Inovasi Teknologi dalam Pengembangan Industri Alat Kesehatan Nasional.

 

Kemudian untuk Bidang TIK lanjut Hammam, materi penting yang akan dibahas adalah; Pengamanan Infrastruktur TIK Kritis dan Data Pemerintahan, TIK Untuk Sistem Transportasi, serta Inovasi TIK dalam Mendukung Kemandirian Pengamanan Data dan Informasi. Selanjutnya di bidang Transportasi, juga akan dilakukan pembahasan mendalam dalam hal Kebijakan Transportasi Untuk Konektivitas dan Logistik Nasional, Reaktualisasi dan Revitalisasi Peran Perkeretaapian dalam Transportasi Nasional, Inovasi Teknologi Transportasi untuk Mendukung Konektivitas dan Logistik Nasional serta Tantangan dan Peluang Transportasi Perkotaan.

 

"Untuk dicatat, KTN ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) BPPT ke-39 dan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas). Informasi selengkapnya dan pendaftaran peserta KTN 2017, dapat di akses pada website http://ktn.bppt.go.id/ . Semoga BPPT melalui KTN 2017 ini dapat menghasilkan rekomendasi solusi teknologi yang terbaik untuk Indonesia," pungkasnya. (Humas-HMP)

 

Lihat foto kegiatan disini

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id