• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Hari Sumpah Pemuda 2017 : Pemuda Indonesia Berani Bersatu

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2017 di BPPT dihadiri oleh peserta dari Kementerian Koordinatir Bidang Kemaritiman RI, Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi, serta Badan Standarisasi Nasional, Jakarta. 30-10-2017. (HumasBPPT - SAS)

 

28 Oktober diperingati  sebagai hari Sumpah Pemuda, tahun ini mengusung tema “Pemuda Indonesia Berani Bersatu”, sebagai Inspektur upacara Staf Ahli Bidang Infrastruktur Kementerian Riset Teknologi dan Pedidikan Tinggi  Hari Purwanto. Hadir pada upacara tersebut pejabat dilingkungan BPPT, Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi, Kementerian Koordinator Bidang Maritim  dan Badan Standarisasi Nasional, di BPPT (30/10).

 

Pada upacara tersebut Hari Purwanto membacakan sambutan Mempora yang menyebutkan dalam sebuah kesempatan, Presiden Republik Indonesia yang pertama Bung Karno pernah menyampaikan “Jangan mewarisi abu Sumpah Pemuda, tapi warisilah api Sumpah Pemuda. Kalau sekadar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air. Tapi ini bukan tujuan akhir”.

 

Lanjut Hari, dengan pesan yang disampaikan Bung Karno ini sangat mendalam khususnya bagi generasi muda Indonesia. Api sumpah pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan. Kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan bangsa. Kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahan kita. Ego ini yang kadangkala mengemuka dan menggerus persaudaraan kita sesama anak bangsa.

 

Kita harus berani mengatakan bahwa Persatuan Indonesia adalah segala-galanya, jauh diatas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan apa lagi golongan, kata Hari.

 

Diakhir pidato yang dibacakannya Hari mengatakan, mari kita cukupkan persatuan dan kesatuan Indonesia. Stop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa. Kita seharusnya malu dengan para pemuda 1928 dan juga kepada Bung Karno, karena masih harus berkutat di soal-soal ini.

 

Sudah saatnya kita melangkah ke tujuan lain yang lebih besar, yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, tutup Hari. (Humas/HMP)      


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT