• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Dukung Keterbukaan Informasi Publik, BPPT Gelar Sosialisasi Dan Penyusunan Daftar Informasi Publik

Sejak dibentuknya PPID tahun 2010 di BPPT hingga sekarang mengalami perkembangan pada peningkatan pelayanan PPID BPPT. Pada Tahun 2016, BPPT mendapat apresiasi peringkat 5 Keterbukaan Informasi Publik kategori Badan Publik Lembaga Negara dan LPNK, demikian kata Sekretaris Utama BPPT Wimpie Agoeng Noegroho pada acara Sosialisasi dan Penyusunan Daftar Informasi Publik PPID BPPT di aula gedung Pusat Inovasi dan Bisnis Teknologi, Puspiptek Serpong (27/03).

 

 

Dikatakan Wimpie, sesuai dengan amanat yang tertuang dalam Undang-Undang No 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), maka hak publik untuk mengakses seluruh informasi terutama dari aktivitas yang dibiayai oleh dana publik diperbolehkan sesuai dengan aturan yang berlaku.

 

Diharapkan dengan sosialisasi dan penyusunan daftar informasi publik PPID di BPPT ini dapat memberi manfaat dan lebih memahami tata cara mengelola informasi dengan baik sehingga pejabat yang di tunjuk menjadi PPID lebih siap menghadapi pemohon informasi publik, jelas Wimpie.

 

Sementara Kepala Biro Hukum, Kerjasama dan Humas Ardi Matutu dalam laporannya menjelaskan, tujuan sosialisasi ini adalah untuk peningkatan peran PPID BPPT dalam melaksanakan pelayanan informasi publik. Tentunya ini tidak terlepas koordinasi antara PPID Utama dan PPID Unit Kerja di lingkungan BPPT, tutup Ardi.

    

 

Pada acara tersebut, turut hadir Kepala Pusat Manajemen Informasi BPPT Irwan Rawal Husdi dan Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana serta perwakilan dari unit kerja di BPPT.

 

 

Sesuai tema acara, Gede yang menjadi pembicara utama memberikan penjelasan tekait daftar informasi seperti apa yang dapat dikatakan sebagai informasi publik dan boleh untuk disebarkan. Gede menambahkan, ada informasi milik BPPT yang memang harus dijadikan sebagai informasi publik, namun ada pula yang tidak perlu untuk diketahui publik. 

 

Tak hanya memberikan penjelasan seputar daftar informasi publik, Gede juga berkunjung ke Public Information and Cyber Library milik BPPT di gedung Teknologi 3, Serpong yang menyimpan layanan data dan informasi yang tersedia di BPPT, berupa hasil-hasil kerekayasaan dan penelitian di BPPT.

 

"Ya kalau melihat apa yang ada disini, penyimpanan dan penyajian informasi publik disini berfungsi dan tersedia semua, ya berarti tidak salah lah menilai BPPT peringkat 5", Ujar Gede. (Humas/HMP)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT