Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Genjot Reformasi Birokrasi, BPPT Gelar Forum Tim Pelaksana RB

 

Reformasi Birokrasi (RB) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai good governance dan melakukan pembaruan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan. Dikatakan Sekretaris Utama BPPT, Wimpie Agoeng Noegroho bahwa untuk memperkuat pelaksanaan RB agar dapat dilaksanakan secara masif diseluruh unit kerja BPPT, maka dibentuklah Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi BPPT.

 

 

“Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi di tiap Unit Kerja masing-masing harus mempunyai pemahaman yang dalam tentang Reformasi Birokrasi. Peran saudara sangatlah penting bagi BPPT yaitu mengelola implementasi 8 (delapan) program di unit kerja masing-masing,” ungkap Sekretaris Utama saat membuka gelaran Forum Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi Unit Kerja BPPT di Sentul, Jawa Barat, (04/05/2018). 

 

Delapan (8) program yang dimaksud Sekretaris Utama dalam hal ini disebutnya, aspek Kelembagaan, Ketatalaksanaan, Sumber Daya Manusia Aparatur, Kinerja dan Akuntabilitas Organisasi, Pengawasan, Harmonisasi Peraturan Perundang-Undangan serta Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang semuanya harus didukung dengan Perubahan Mindset Aparatur.

 

“Saya minta kepada seluruh Kepala Unit Kerja yang juga menjadi Ketua Tim Pelaksana untuk dapat mendukung dan menaruh perhatian yang besar terhadap implementasi program reformasi birokrasi di Unit Kerja masing-masing,” tegasnya.

 

Acara pertemuan Tim Forum Pelaksana Program Reformasi Birokrasi Unit Kerja ini merupakan penyelenggaraan forum yang ke dua kalinya, yang mana bulan Mei 2017 telah diselenggarakan penyelenggaraan yang pertama.  Semua ini dilaksanakan dalam rangka untuk memberikan pemahaman kepada unit kerja melalui PMO tentang pelaksanaan program reformasi birokrasi BPPT.

 

Lebih lanjut Kepala Biro Sumberdaya Manusia dan Organisasi BPPT, Suratna menuturkan bahwa pada dasarnya program RB adalah bagaimana beradaptasi dengan perubahan  melalui pengelolaan perubahan itu sendiri.  Untuk itu tambahnya pada kesempatan ini akan diberikan materi berupa change for the innovation.

 

“Coaching, Mentoring and Counseling merupakan salah satu  komponen penting dalam pengembangan pegawai. Program CMC ini ditujukan untuk pembinaan PNS dan CPNS. Materi lainnya dari Kementerian PAN dan RB akan memberikan paparan tentang Evaluasi Reformasi Birokrasi dalam Unit Kerja BPPT. Kemudian dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan akan memberikan materi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Materi terakhir yang akan yang disampaikan pada penyelenggaraan forum PMO ini adalah tentang Merit System, tentang bagaimana kita dapat mengelola pegawai berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja pegawai.”  jelasnya.

 

Lebih lanjut diutarakan Suratna bahwa peserta Tim Pelaksana RB Unit Kerja dalam acara ini terdiri dari Kepala Unit Kerja sebagai Ketua Tim dan 2 Anggota  Tim untuk masing-masing unit kerja.

 

 

“Total ada 129 peserta. Dengan diadakan penyelenggaraan forum Tim Pelaksana RB Unit Kerja, diharapkan seluruh unit kerja   mempunyai pemahaman yang sama tentang Reformasi Birokrasi,” pungkasnya. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id