Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Kepala BPPT: Hikmah Berbuka Puasa Bersama Yaitu Memperpanjang Silaturahmi

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengundang segenap pegawai, senior BPPT, serta rekan kerja dari Kementrian / Lembaga, dan mitra bisnis dalam acara Buka Puasa Bersama dengan tema Semangat Kebersamaan Dalam Bingkai Ukhuwah Islamiyah di Auditorium BPPT, Jakarta (04/06).

 

Kepala BPPT Unggul Priyanto dalam sambutannya mengungkapkan buka besama itu bukan hanya kita sekedar bertemu dan makan, namun disini ada kesempatan untuk bersilaturahmi satu sama lain.

 

“Saya bisa bertemu dengan banyak kawan lama. Saya mendapatkan kesempatan untuk bertemu lagi dengan teman kursus Bahasa Inggris saya pada tahun 1989, Adi Lumaksono yang sekarang menajabat sebagai Sekretaris Utama di Badan Pusat Statistik,” ujar Kepala BPPT saat memberikan sambutan.

 

Lebih lanjut, Unggul menerangkan, hikmah meluangkan waktu untuk menghadiri buka bersama yaitu silaturahmi. “Jadi jangan hanya dilihat dengan apa kita berbukanya. Tapi yang terpenting kita bisa bertemu satu sama lain untuk terus menjalin tali silaturahmi,” tegasnya.

 

Dalam kesempatan yang sama BPPT melalui Unit Pengelola Zakat menyalurkan zakat dan santunan kepada para pengemudi, satuan pengamanan, dan petugas kebersihan BPPT. Kepala BPPT beserta Deputi dan Sekretaris Utama BPPT secara bergantian memberikan zakat dan santunan serta ucapan terima kasih atas kerja keras dan kerja ikhlasnya selama ini.

 

Buka Bersama BPPT pun dilanjutkan dengan ceramah keagamaan yang disampaikan Ust. Fasial Qosim, LC. dengan tema mendapatkan rahmat Allah SWT melalui silaturhami, hingga menjelang waktu berbuka.

 

Turut hadir dalam Buka Bersama BPPT yaitu Kepala LIPI Laksana Tri Handoko, Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Sekretaris Utama BPS Adi Lumaksono, Deputi BPS M. Ari Nugraha, Inspektur BPS Akhmad Jaelani, Deputi KPK Hary Budiarto, Staf Ahli Mensesneg Gogor Oko Nurhayoko, Staf Ahli Kemenko Maritim Sugeng Santoso, dan mitra BPPT dari BRI serta BAZNAS.

 

Unit Pengelola Zakat BPPT Salurkan Zakat Perdana

 

Dalam acara yang sama Kepala Biro Perencaan dan Keuangan BPPT, Makmuri melaporkan pertanggungjawaban uang zakat yang telah dikelola Unit Pengelola Zakat BPPT. Uang zakat yang disetorkan pegawai BPPT ke Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), kemudian dikembalikan kepada BPPT akan disalurkan kepada para pengemudi, satuan pengamanan, dan petugas kebersihan BPPT.

 

Alhamdulillah, pada tahun pertama ini kita bisa menyalurkan zakat sebesar 86 juta rupiah,” sebut Makmuri disambut tepuk tangan peserta Buka Bersama BPPT.

 

Lebih lanjut Makmuri mengatakan, pada tahun 2017, BPPT telah membentuk Unit Pengelola Zakat dengan berlandasakan surat keputusan yang dikeluarkan oleh BAZNAS. Dari pembentukan tersebut sudah ada Pegawai BPPT yang telah menyetorkan zakat penghasilannya setiap bulan.

 

“Saya ucapkan terima kasih kepada para pegawai BPPT, walaupun baru tercatat 193 dari 2600 Pegawai BPPT, tapi kita sudah bisa mengumpulkan total 25 juta rupiah tiap bulannya,” terang Makmuri yang juga bertindak selaku Kepala Unit Pengelola Zakat BPPT.

 

Ditambahkan Makmuri,  uang zakat yang dipotong tiap bulannya ini, langsung disetorkan kepada BAZNAS. Selanjutnya secara periodik akan dikembalikan kepada institusinya masing-masing sebesar 75 persen dari total yang telah terhimpun.

 

Sebagai informasi Unit Pengelola Zakat BPPT dibentuk atas surat edaran Pemerintah kepada setiap organisasi atau institusi pemerintah, sesuai dengan Undang-undang No. 23 Tahun 2011 dan Peraturan Pemerintah No, 15 Tahun 2014 perihal pengelolaan zakat yang terencana dan berkulitas. (HUMAS/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id