Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Inovator Fuel Cell Raih BJ Habibie Technology Award 2018 (I)

 

Jakarta, (10/7/2018) – BPPT memberikan Penghargaan Teknologi BJ Habibie atau BJ Habibie Technology Award (BJHTA) 2018 kepada Prof. Dr.-Eng. Eniya Listiani Dewi. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Presiden RI ke-3, Bapak BJ. Habibie dan Kepala BPPT, Dr. Unggul Priyanto.

Kepada awak media Kepala BPPT mengatakan, BJHTA adalah penghargaan tertinggi kepada insan pelaku teknologi yang berjasa pada bangsa dan negara, melahirkan karya nyata teknologi dan inovasi. 

“BJHTA menjadi salah satu upaya BPPT untuk  mendorong  penciptaan inovasi teknologi di Indonesia,” ujarnya.

 

Prof. Eniya disebutnya, layak meraih Anugerah BJHTA karena telah berhasil mengembangkan teknologi fuel cell dengan metode electron transfer. Selain itu, Prof. Enya aktif melakukan riset  terkait dengan material untuk energi baru hidrogen diantaranya adalah material polimer dan katalis untuk oksigen baterai, fuel cell, produksi biohodrogen dan elektrolisa, yang nantinya akan menunjang impiannya, untuk menciptakan Hydrogen City, dimana semua sumber daya energinya untuk kelistrikan dan transportasi berasal dari energi hidrogen.

 “Penghargaan Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie (BJHTA) adalah pemberian penghargaan tertinggi kepada insan pelaku teknologi yang berjasa pada bangsa dan negara memiliki reputasi nasional dalam bidang teknologi dan menghasilkan karya nyata yang memberikan impact di bidang teknologi dalam bentuk inovasi atau invensi,” terang Kepala BPPT dalam sambutannya.

Sosok Prof. Eniya sendiri berhasil meraih BJ Habibie Technology Award 2018 ini dengan melalui seleksi yang ketat, serta berdasar penilaian yang didasarkan pada kriteria-kriteria yang telah ditetapkan.

Kriteria tersebut setidaknya memenuhi; 1.Invention for Technological Advancement; 2. Recognition of International Journals; 3.Recognition of Papers International Symposiums; 4. Recognition of The Leadership of Scientific Associations; 5.Recognition of The Patent.

Apa yang telah dicapai oleh saudara Eniya, tentunya merupakan bagian dari sumbangsih BPPT untuk negeri.  BPPT terus berusaha untuk memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa dan Negara, melalui ilmuwan yang dimiliki.

“Saya mengucapkan selamat atas diraihnya penghargaan anugerah BJHTA 2018, semoga penghargaan ini dapat semakin memicu semangat untuk terus mengembangkan diri dalam menghasilkan karya nyata teknologi,” tutur Kepala BPPT. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id