• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Melalui Budaya Kerja Berintegritas, BPPT Tingkatkan Kualitas Pengawasan Internal

 

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengawasan internal untuk mendorong tercapainya kinerja BPPT, lnspektorat selaku pengawas internal gelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kinerja Tahun 2019, di Yogyakarta (12/04 ).

 

Kepala BPPT Hammam Riza dalam arahannya mengatakan, bahwa pengawasan merupakan hal yang sangat penting bagi BPPT. Menurutnya, segenap jajaran pegawai di BPPT harus berkomitmen untuk meningkatkan pembangunan budaya pengawasan di lingkungannya masing-masing, yaitu budaya kerja berintegritas.

 

Harus berkinerja dengan penuh tanggung jawab meski tidak diawasi oleh pimpinan, ujar Hammam.

 

Lanjutnya, BPPT telah berkomitmen melaksanakan rekomendasi penilaian dari Kementerian PAN & RB tahun 2018, dengan menetapkan target capaian RB dengan memperoleh nilai A pada tahun 2020 – 2024.

 

Oleh karenanya diperlukan langkah-langkah strategis yang diukur melalui Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) yang dikawal oleh Pengawas Internal (Inspektorat), jelas Hammam.

 

Disebutkannya, ada beberapa langkah dalam meningkatkan budaya pengawasan di lingkungan unit kerja masing-masing yakni melalui peningkatan kualitas implementasi Sistem Pengendalian Intern (SPI), melakukan upaya-upaya untuk mempertahankan Opini WTP yang telah diraih BPPT, pembangunan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) serta  pengendalian gratifikasi, pengaduan masyarakat, dan penanganan  benturan kepentingan.

 

Upaya tersebutlah yang harus dilakukan secara menyeluruh, terintegrasi dan berjenjang serta berkesinambungan, kata Hammam.

 

Sementara, disampaikan Inspektur BPPT Kelik Budiana bahwa Inspektorat akan selalu berusaha mengawal dan mendampingi serta memberikan konsultasi kepada seluruh unit kerja dilingkungan BPPT.

 

Kedepan, Inspektorat akan melakukan audit kinerja bersama BPKP, diharapkan dengan adanya audit kinerja ini dapat mengetahui seberapa baik kinerja yang sudah dilakukan oleh BPPT, ucapnya.

 

Semoga kegiatan ini dapat memacu dan meningkatkan motivasi pegawai lnspektorat untuk bekerja lebih baik dalam bidang pengawasan serta dapat menghasilkan pokok-pokok pikiran dan langkah-langkah kerja guna mewujudkan nilai-nilai integritas BPPT, tutup Kelik. (Humas/HMP)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT