• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Perluas Pemahaman, BPPT Gelar Sosialisasi Pedoman dan Aplikasi Inpassing Jabatan Fungsional

Dalam rangka memberikan pemahaman kepada para pengelola, Perekayasa, dan teknisi Litkayasa dalam menyusun berkas pengajuan inpassing yang berbasis elektronik melalui sistem aplikasi inpassing jabatan fungsional perekayasa dan teknisi litkayasa, 

 

BPPT selaku Instansi Pembina Jabatan Fungsional Perekayasa dan Teknisi Litkayasa adakan sosialisasi Pedoman dan Aplikasi Inpassing untuk Pejabat Fungsional Perekayasa dan Litkayasa, di Jakarta, (16/07)

 

Kepala BPPT Hammam Riza dalam sambutannya mengatakan bahwa keberadaan SDM Perekayasa dan Teknisi Litkayasa tersebar di berbagai tempat kerja dan wilayah, baik yang bekerja di instansi/lembaga pemerintah maupun yang bekerja di swasta atau perorangan.

 

Saat ini kata Hammam, jumlah pemangku jabatan Fungsional Perekayasa berjumlah 2.439 orang dan jumlah Fungsional Teknisi Litkayasa 2.511 orang yang tersebar di berbagai Kementerian dan Lembaga serta Lembaga Litbang di daerah. Sedangkan proyeksi kebutuhan perekayasa kedepan yang dibutuhkan 7.500 dan teknisi litkayasa 3.516 orang.

 

Menurut Hammam, data tersebut menunjukkan masih ada selisih yang cukup besar untuk mengisi kebutuhan atau formasi Fungsional Perekayasa dan Teknisi Litkayasa. Sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan jumlah pemangku Jabatan Fungsional Perekayasa dan Teknisi Litkayasa secara nasional.

 

Salah satunya melalui mekanisme inpassing atau penyesuaian,  Hal ini sesuai dengan amanah Peraturan Pemerintah No.11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS dan Peraturan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.42 Tahun 2018 tentang Pengangkatan PNS melalui Penyesuian/Inpassing dalam Jabatan Fungsional, ujarnya.

 

Hammam berharap dengan adanya sosialisasi ini peningkatan kuantitas dan kualitas Pejabat  Fungsional Perekayasa dan Teknisi Litkayasa dapat dicapai sesuai dengan yang dicanangkan pemerintah untuk mendukung dihasilkannya berbagai karya inovatif perekayasaan teknologi yang memiliki daya saing tinggi dan dapat dimanfaatkan secara luas baik di tingkat nasional maupun internasional. 

 

Dikesempatan yang sama, Kepala Pusbindiklat BPPT Suhendar I. Sachoemar menyampaikan, BPPT selaku instansi pembina telah menyusun peraturan kepala BPPT No. 01 Tahun 2019 tentang tata cara pengangkatan PNS dalam jabatan fungsional perekayasa melalui penyesuaian atau inpassing dan peraturan Kepala BPPT No.02 Tahun 2019 tentang tata cara pengangkatan PNS dalam jabatan fungsional teknisi litkayasa melalui penyesuaian/inpassing.

 

Suhendar juga berharap, sosialisasi ini diharapkan dapat memberi pemahaman kepada para pengelola Fungsional Perekayasa dan Teknisi Litkayasa dalam pengajuan usulan inpassing sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan untuk  meningkatkan jumlah Perekayasa dan Teknisi Litkayasa secara nasional.

 

Sebagai informasi acara sosialisasi ini dihadiri oleh 100 perwakilan dari Instansi Pusat/Provinsi/Kabupaten dari seluruh Indonesia terdiri dari Pengelola JF Perekayasa dan Teknisi Litkayasa, Kepegawaian dan Pemegang akun inpassing. (Humas/HMP)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT