• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Dirgahayu RI ke-74, Dengan SDM Unggul Indonesia Maju

Seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, hari ini, 17 Agustus 2019 merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia. Ada yang lain dari upacara kali ini yang diikuti  Kepala serta pegawai di lingkungan LPNK Kementerian Ristekdikti, karena semua peserta  diminta mengenakan baju daerah. 

 

Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi Mohamad Nasir yang juga Inspektur Upacara Bendera HUT RI ke 74  di lapangan upacara Puspiptek menyampaikan, tema peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia tahun 2019 ini adalah "SDM Unggul, Indonesia Maju".

 

Tema ini kata Menristekdikti mengandung makna bahwa pembangunan sumber daya manusia yang unggul akan sangat mendukung kemajuan Indonesia. Artinya pembangunan sumber daya manusia menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan. Sumber daya manusia Indonesia harus unggul dalam segala bidang sehingga dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era industri 4.0.

 

Dikatakannya, dalam menciptakan SDM yang unggul Perguruan Tinggi harus tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak SDM yang unggul dan kompetitif di masa datang. Satu hal yang harus ditempuh adalah selalu meningkatkan kualitas SDM perguruan tinggi, serta menyiapkan diri agar mampu beradaptasi untuk mencapai keberhasilan dalam membangun bangsa. Jangan terlalu cepat puas dengan capaian dan kompetensi yang kita miliki dan terlena dengan zona nyaman, tuturnya.

 

Keunggulan SDM di era ini menurutnya dapat dilihat dari tingkat inovasi dan kreativitas yang dihasilkan. Perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan LPNK harus saling bahu membahu, bekerja sama, menjadi lokomotif inovasi dan kreativitas bangsa, menjadi penggerak pembinaan dan pembudayaan inovasi dan kreativitas.


Hal ini telah didukung dengan terbitnya undang-undang Sistem Nasional Iptek, sebagai pengganti atas undang-undang Nomor 18 Tahun 2002 yang menjadi momentum emas dalam peningkatan pembangunan kapasitas SDM iptek dan peningkatan karya-karya besar invensi dan inovasi, jelas Menteri Nasir.

 

Dengan bonus demografi yang kita miliki Menristekdikti mengajak untuk mengoptimalkan dengan mencetak sumber daya manusia Indonesia yang unggul, peluang ini akan menjadi emas jika kualitas pendidikan terus kita tingkatkan. 

 

Diakhir, peran perguruan tinggi sebagai agen perubahan dinanti oleh bangsa ini dalam menjawab segala tantangan yang ada. Pemerintah akan terus memberikan fasilitas, dukungan pendidikan, dan pengembangan diri bagi talenta anak-anak bangsa, karena akan memberikan kontribusi terhadap percepatan pembangunan Indonesia, tutupnya. (Humas/HMP)

 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT