• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

BPPT Gelar Diseminasi Teknologi Perbanyakan Tanaman Anggrek Bagi Pemula

BPPT melalui Balai Bioteknologi menggelar Diseminasi Teknologi dengan Memperbanyak Tanaman Anggrek untuk Pemula di Tangerang Selatan, di Gedung Balai Pengkajian Biotek BPPT, Puspiptek Serpong, (12/11). Kepala Balai Bioteknologi BPPT Agung Eru Wibowo mengatakan Balai Bioteknologi salah satu unit kerja di BPPT yang mempunyai kompetensi dan tugas untuk melakukan kegiatan pengkajian penerapan teknologi melakukan inovasi dan layanan teknologi dibidang bioteknologi.

 

Jadi Bioteknologi kata Agung memiliki dua kompetensi yakni bioteknologi pertanian yang salah satu kegiatannya adalah melakukan penelitian, melakukan spesifikasi, pemanfaatan tanaman seperti anggrek dan hortikultura. Ada tanaman pangan seperti kentang, tanaman buah-buahan juga tanaman hias termasuk tanaman perkebunan seperti lada dan jati, ungkapnya.

 

Kedua lanjut Agung, mempunyai tugas melakukan kegiatan pengkajian dan inovasi teknologi dibidang bioteknologi industri. Seperti yang kita lakukan kali ini diseminasi teknologi dengan memperbanyak tanaman dalam rangka sosialisasi untuk memasyarakatkan hasil-hasil teknologi serta kajian-kajian teknologi, jelas Agung.

 

Agung berharap ini menjadi informasi yang nanti  bisa dikembangkan, tentunya menjadi bagian dari upaya untuk membangun ekonomi kreatif melalui berbagi pengalaman, saling memperkuat informasi hal teknis. Semoga bisa memaanfaatkan teknologi yang ada untuk meningkatkan kegiatan khususnya di tanaman anggrek, karena ini bagian dari potensi alam kita, ujarnya.

 

Sementara Kepala Sub Bagian Tata Usaha Irni Furnawanthi mengatakan  pengembangan tanaman anggrek dengan perbanyak tanaman dapat dilakukan dengan cara generative yakni melalui biji dan vegetative yaitu dengan stek, cangkong dan sambung/okulasi.

 

Selain itu juga dapat menggunakan teknik perbanyak tanaman dengan cara in-vitro yaitu setiap sel tumbuhan memiliki kemampuan untuk tumbuh menjadi individu baru bila ditempatkan pada lingkungan yang sesuai. Individu yang dihasilkan akan mempunyai sifat yang sama persis dengan induknya, jelasnya. (Humas/HMP)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT