• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kunjungi Puspiptek, Menristek Dorong BPPT Terus Lakukan Penguasaan Teknologi

 

Menteri Riset dan Teknologi sekaligus Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Ristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro melakukan kunjungan ke Kantor Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (15/11/2019).

 

Kunjungan ini dilakukan kali pertama setelah Menteri Bambang dilantik sebagai Menristek/Kepala BRIN dalam kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

 

Dalam kunjungannya di Kawasan Puspiptek Serpong, Menteri Bambang yang didampingi Kepala BPPT Hammam Riza, berkeliling melakukan peninjauan terhadap Laboratorium Industri dan Pusat Inovasi milik BPPT.

 

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan bahwa BPPT tentu saja sangat menyambut baik kunjungan yang dilakukan Menteri Bambang terhadap sejumlah fasilitas teknologi yang dimiliki BPPT.

 

"BPPT sangat senang dengan adanya kunjungan dari Menristek sekaligus Kepala BRIN ini, terima kasih Pak Menristek telah mengunjungi fasilitas teknologi BPPT yang ada di Puspiptek Serpong ini," ujar Hammam usai acara, Jumat (15/11/2019).

 

Hammam pun berharap kedepannya, kunjungan Menteri Bambang dalam meninjau fasilitas yang dimiliki BPPT ini bisa dilakukan secara berkala.

 

Hal itu untuk mendukung peran BPPT sebagai dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai lembaga pemerintah yang berfokus pada bidang kaji-terap teknologi.

 

Karena BPPT berkomitmen untuk terus melahirkan inovasi, agar Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) mampu menjadi pendorong bagi peningkatan perekonomian bangsa yang berdaya saing.

 

"Melalui kunjungan ini, BPPT berharap agar kedepannya Pak Menristek terus memberikan arahan kepada BPPT dalam melakukan kaji terap teknologi. Sehingga Iptek dapat menjadi penghela pertumbuhan ekonomi," kata Hammam.

 

Fokus Revolusi Industri 4.0

 

Dalam lawatan ke Puspiptek Serpong, Menteri Bambang melakukan kunjungan ke berbagai fasilitas kaji terap teknologi BPPT. Mulai dari Kedeputian Teknologi Rancang Bangun dan Rekayasa (TIRBR), fasilitas Kedeputian Teknologi Informasi Energi dan Mineral (TIEM), Kedeputian Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB), serta Kedeputian Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam (TPSA).

 

Lebih lanjut Menristek meminta kepada BPPT untuk berfokus dalam mendorong penguasaan teknologi di era Revolusi Industri 4.0.

 

"Fasilitas teknologi BPPT dan mesin mesin ini semua dapat kita manfaatkan guna peningkatan daya saing, dan mengurangi ketergantungan terhadap produk impor," ungkap Menristek.

 

Bagaimanapun tegasnya, Indonesia harus menyiapkan diri  untuk lebih kompetitif dalam pemgembangan industri manufaktur.

 

Agar Indonesia dapat kompetitif pada industri manufaktur dikatakan Menristek bahwa penguasaan teknologi, khususnya teknologi mesin itu sangat penting. 

 

"Pertama saya sangat membutuhkan  keberadaan fasilitas seperti ini,  berbagai laboratorium, terkait dengan teknologi khususnya permesinan.  Tentunya kita adalah bagian tidak bisa terpisahkan dari industrialisasi,  dan kami akan arahkan supaya  apa pun yang kita kerjakan di sini ujungnya meningkatkan TKDN dan bisa mengurangi ketergantungan kepada  barang-barang impor," pungkas mantan Menteri PPN/Bappenas tersebut.


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT