• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Sebagai Gerbang Informasi, BPPT Tingkatkan Peran Perpustakaan

 

Dalam rangka peningkatan layanan manajemen pengetahuan dan perpustakaan Sekretaris Utama BPPT lakukan kunjungan ke perpustakaan Bank Indonesia guna studi banding mengenai fungsi perpustakaan sebagai pendukung pelaksanaan kegiatan lembaga, di Jakarta (17/01/2020).

 

Sekretaris Utama BPPT Dadan Moh. Nurjaman mengatakan perpustakaan itu merupakan pintu gerbang yang dapat memberikan informasi yang dimiliki oleh organisasi,

 

Dadan menyebut, tujuan studi banding ini untuk meningkatkan mutu, dan konsep dalam membuat kebijakan baru. Karenanya diperlukan sinergi antar perpustakaan sebagai pusat informasi dengan bagian lain yang bertugas untuk memberikan informasi internal maupun eksternal.

 

Aktivitas diperpustakaan BPPT menurut Dadan juga terus berusaha mengikuti perkembangan zaman, seperti data-data kegiatan-kegian BPPT yang dialihan dari kertas ke dalam format digital, lalu penyusunan aplikasi e-library.

 

Jadi nanti tidak hanya ada buku-buku saja, tetapi bagaimana menciptakan dan menyajikan suasana kelengkapan data informasi sebagai ruang informasi yang mudah diakses oleh publik serta menarik dan informatif sehingga menarik minat masyarakat berkunjung ke Perpustakaan, ujarnya. 

 

Selain itu, perpustakaan memegang peranan penting dalam mendukung kemajuan institusi. Dadan berharap nantinya informasi-informasi yang diperoleh dari hasil kegiatan-kegiatan BPPT akan digitalisasikan untuk disosialisasikan kepada masyarakat,

 

Sementara, Ida Rosida Direktur Bank Indonesia Institut menyambut baik kunjungan ini. Ia menjelaskan tujuan kunjungan ini dapat memberikan tambahan pengetahuan, berbagi pengalaman apa saja yang dikembangkan oleh BPPT.

Kunjungan ini juga sebagai kesempatan yang baik bagi Perpustakaan Bank Indonesia untuk mendapatkan feed back bagi pengembangan perpustakaan Bank Indonesia kedepan.

 

Disebutkannya, Bank Indonesia memiliki empat pilar yang terdiri dari riset, pembelajaran, strategi patnership dan publik ekspos. Di kunjungan ini Perpustakaan Bank Indonesia juga berbagi hal mengenai pengelolaan perpustakaan dan pengelolaan manajemen yang dibagi dua yaitu perpustakaan umum dan perpustakaan riset yang mana dapat menciptakan minat budaya untuk belajar masyarakat dan pegawai.

 

Ida berharap kedepan Perpustakaan Bank Indonesia dapat mengembangkan perpustakaan mobile/digital yang dapat diakses secara luas dan mudah oleh masyarakat. (Humas/HMP)

 

Tag:

BPPT, PMI, Perpustakaan, Dadan M. Nurjaman


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT