• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

BPPT, KNKT dan PT GLS Sepakat Jalin Kerjasama Survei Kelautan

 

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi melalui Balai Teksurla Survei Kelautan (Bateksurla) bersama Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) serta PT Gurita Lintas Samudera PT (GLS) sepakat melakukan penandatanganan Kontrak Kerjasama, di BPPT, Jakarta (04/06)

 

Adapun lingkup dari kerjasama ini yakni melakukan survei kelautan dalam rangka pencarian kapal MV Nur Allya yang hilang kontak pada Agustus 2019 lalu di perairan Halmahera.

 

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan, BPPT akan memberikan dukungan penuh untuk pencapaian target kerjasama ini terlebih misi ini adalah mengemban tugas dan tanggung jawab nasional melalui KNKT.

 

Tentu keberhasilan survei ini menurut Hammam menjadi harapan kita bersama, harapan keluarga korban, harapan pemilik kapal (PT GLS) dan juga harapan bangsa untuk menjawab apa yang terjadi dengan peristiwa ini.

 

Dikesempatan yang sama Kepala Balai Teknologi Survei Kelautan BPPT M. Ilyas menyampaikan bahwa, survei kali ini menggunakan wahana Kapal Riset Baruna Jaya IV yang dilengkapi beberapa peralatan canggih seperti Multi beam Echosounder (MBES), Marine Magneto Meter, Side Scan Sonar, USBL, ROV dan peralatan survei lainnya yang akan dilaksanakan pada 11-26 Juli 2020.

 

Lebih lanjut diungkapkannya mengenai keberhasilan Tim Balai Teknologi Survei Kelautan, diantaranya bersama Tim KNKT dan BNPB dengan Baruna Jaya I menemukan Pesawat Lion Air JT610 di Tanjung Karawang, juga berhasil menemukan Air Asia QZ8501 di Perairan Pangkalan Bun.

 

Kemudian keberhasilan lainnya telah menemukan KM. Bahuga Jaya di Selat Sunda dan KM. Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba serta keberhasilan menemukan Bangkai Kapal Perang Dunia II Kerajaan Belanda di Perairan Pulau Bawean, pungkasnya. (Humas BPPT)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT