• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Bangun Ekosistem Inovasi Dan Sinergi Menuju Tatanan Kehidupan Baru

Memasuki pelonggaran pembatasan sosial, banyak kebiasaan baru yang harus diadaptasi untuk tetap menekan penyebaran virus corona. Mulai dari selalu memakai masker, membiasakan diri cuci tangan dan menjaga jarak saat berinteraksi dengan orang lain.

 

Meskipun di tengah pandemi Covid-19 ini para peneliti terpacu untuk mengembangkan alat untuk mencegah penyebarannya. Ada banyak penelitian yang dilakukan baik oleh lembaga, perguruan tinggi, hingga swasta.

 

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 (TFRIC19) terus berupaya membangun sistem inovasi teknologi yang ditujukan untuk mengatasi seluruh masalah yang multi dimensional.

 

TFRIC-19 sendiri fokus pada rencana aksi cepat, dengan produk final yang telah diluncurkan oleh Presiden RI Joko Widodo secara virtual dari Istana Presiden pada 20 Mei 2020 diantaranya, RDT Kit, PCR Test Kit, Artificial Intelligences untuk deteksi Covid-19, Mobile Lab Bio Safety Lab lvl.2, dan Emergency Ventilator yang merupakan Pengembangan BPPT bersama Task Force Riset dan Inovasi Teknologi Untuk Penanganan Covid-19.

 

Kerja bareng BPPT sangat dibutuhkan bersama seluruh stake holder di dalam Penta Helix termasuk juga bersama Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE) dengan membangun ekosistem inovasi disegala bidang, sinergi dan kolaborasi harus kita galakan karena ini adalah sebuah awal dari perjalanan untuk membakukan banyak hal terkait inovasi, kata Kepala BPPT Hammam Riza yang juga Ketua Dewan Penasehat IABIE di acara Webinar dengan tema Lima Inovasi Menuju Tatanan Baru Indonesia (13/06).

 

Lebih lanjut dikatakan, pandemi di Indonesia masih dinyatakan belum selasai. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan diri didalam tatanan kehidupan baru yaitu bagaimana memutus rantai dan kemudian menjadikan kita semakin baik.

 

Semetara itu, menurutnya kita juga harus antisipasi berkembangnya teknologi yang ada untuk tatanan kehidupan baru atau new normal, jika dilihat kesempatan terbesar ada di sektor digital yang bisa mensubtitusi aktifitas manusia.

 

Sehingga jika nanti kondisi paska pandemi, guna keberlangsungan usaha dan pemulihan operasional serta membentuk platfom baru yang lebih efesien, ini semua tetap membutuhkan karya inovasi teknologi. Bukan saja terkait kesehatan tetapi sektor lain harus dapat perhatian yang sama, agar bisa mengejar menjadi negara maju yang menjadi cita-cita bersama, pungkasnya. (Humas BPPT)

 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT