• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pandemi Covid-19, Momentum Wujudkan Transformasi Digital

Sebagai kontribusi dalam berbagai usaha melalui kajian-kajian pemodelan, maupun tinjauan kebijakan teknologi dalam rangka pencegahan maupun adaptasi kehidupan baru akibat pendemi Covid-19, maka terkait hal tersebut BPPT melalui Kedeputian PKT  mengadakan webinar series Bijak Tech dengan tema Hidup Aman Dengan Covid-19: Transformasi Digital, (19/08).

 

Kepala BPPT Hammam Riza menyampaikan, diharapkan melalui kajian-kajian dari webinar ini dapat menghasilkan rekomendasi terkait kebijakan teknologi yang efektif guna dapat menambah pengetahuan publik. Seperti diketahui, bahwa pandemi ini masih terus berlangsung dan masih cenderungan meningkat, bahkan belum terlihat sampai kapan puncaknya.

 

Hal ini juga mempunyai dampak di sektor ekonomi yang berakibat sulitnya pemulihan ekonomi secara nasional. Perekonomian Indonesia memang dalam keadaan kurang menguntungkan, selain itu juga berdampak amat besar pada sektor ketenagakerjaan yang mempunyai dampak pada pemutusan hubungan kerja.

 

Pandemi Covid-19 menurut Hammam menuntut masyarakat untuk merubah perilaku berinteraksi dengan kondisi new normal dan dengan konsep less contact economy maka tren penggunaan teknologi akan berubah menuju optimalisasi pemanfaatan teknologi daring atau secara lebih luas dikenal sebagai tranfromasi digital.

 

BPPT pun telah menginisiasi transformasi digital, khususnya dalam layanan perkantoran sejak tahun 2019 yang lalu Oleh karenanya, momentum pandemi ini memberikan alasan yang kuat untuk segera mewujudkan transfromasi digital, setidaknya di dalam lingkungan BPPT.

 

Teknologi digital dianggap sebagai solusi yang tepat. 10 tren teknologi digital yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana Less Contact Economy baik pada saat masa pandemik virus corona maupun dalam upaya efisiensi alur rantai pasok perekonomian di masa normal nantinya.

 

Lanjut Hammam, pemerintah sangat serius untuk melakukan transformasi digital, tidak saja dalam rangka peningkatan efektifitas, efisiensi, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan, tetapi sekaligus juga untuk mengantisipasi keadaan luar biasa, seperti halnya keadaan Pendmi Covid-19 ini.

 

Untuk itu Presiden Republik Indonesia telah menerbitkan Lima Arahan Transformasi Digital. Arahan tersebut mencakup: akses dan peningkatan infrastruktur digital, mempersiapkan roadmap transportasi digital di sektor-sektor strategis, mempersiapkan fasilitas Cloud Computing, mempersiapkan berbagai start-up digital, pendanaan dan pembiayaan transformasi digital. BPPT secara langsung terlibat dalam upaya pembangunan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), ujarnya.

 

Sementara itu pada kesempatan yang sama Direktur Pusat Pengkajian Industri Manufaktur, Telematika dan Elektronika (PIMTE – BPPT) Andhika Prastawa yang juga sebagai narasumber mengatakan bahwa latar belakang acara ini adalah karena didasari dengan terus bertambahnya kasus pandemi Covid-19 di Indonesia, yang mempunya dampak amat besar pada perkembangan beberapa faktor yang terjadi di Indonsesia, seperti faktor ekonomi, bidang industri manufaktur, bidang industri yang

 

Pandemi ini secara signifikan menyumbang perekonomian nasional,terjadi tekanan pada PMI atau Purchasing Manager Index yaitu suatu indikator apakah sektor industri suatu negara mengalami ekspansi, atau sebaliknya mengalami kontraksi.

 

Andhika menambahkan Dalam upaya mencegah penyebaran Covid -19 agar tidak meluas, hingga saat ini pemerintah masih menetapkan beberapa Kebijakan Pencegahan Pandemi Covid-19, yang pada prinsipnya mencegah interaksi langsung antara manusia. Oleh karena itu, perlu upaya alternatif agar kegiatan ekonomi tidak berhenti total, namun pencegahan interaksi langsung tetap dapat dilakukan. BPPT juga telah dan terus mengembangkan inovasi teknologi seperti telemedicine dan penyelenggara sertifikat elektronik, pungkasnya. (Humas BPPT)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT