• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Hari Ini, Peserta Seleksi CPNS BPPT Tahun Anggaran 2019 Ikuti SKB

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) kembali memberikan kesempatan kepada putra putri terbaik bangsa untuk ikut dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)Tahun anggaran 2019.

 

Sebanyak 720 orang dinyatakan berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang bertujuan untuk menilai kesesuaian antara kompetensi yang dimiliki pelamar dengan memperhatikan standar kompetensi bidang yang sesuai dengan kebutuhan jabatan, di kantor BKN Jakarta (10/09).

 

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan BKN dalam  seleksi dimasa pandemi Covid-19 ini menerapkan ketat protokol kesehatan dimana.

 

Bima menghimbau kepada para peserta agar menerapkan protokol kesehatan mulai dari rumah seperti menggunakan masker, faceshield dan menjaga kebersihan serta kesehatan diri.

 

Bima juga menuturkan, jika terdapat peserta seleksi ada yang terdiagnosa Covid-19 perlu adanya surat dari rumah sakit dan melaporkan kepada panitia, namun peserta tersebut masih dapat mengikuti tes meskipun dipisahkan dari peserta lainnya. Tantangan terberat seleksi ini adalah displin para peserta untuk menerapkan protokol kesehatan, ujarnya.

 

Di kesempatan yang sama Deputi Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen menyampaikan, mekanisme pelaksanaan seleksi SKB seluruhnya menggunakan sistem online terbaru.

 

Salah satunya adalah sistem pengambilan foto peserta tes menggunakan web kamera yang sudah diaktifkan dimasing-masing komputer untuk memastikan jika ada yang menggugat atau protes jika didalam ujian tersebut digantikan oleh orang lain misalnya atau terjadi hack dari luar maka BKN dapat melakukan audit activity peserta selama melakukan ujian tersebut.

 

Suharmen berharap BPPT bisa mendapatkan putra putri terbaik jika proses pelaksanaan dilakukan dengan baik hal ini akan me-running BPPT 10-20 tahun kedepan dan mampu menghasilkan inovasi-inovasi yang baik bagi bangsa.

 

Kepala Biro SDMO BPPT Suratna yang hadir di kesempatan tersebut juga mengatakan,  tes SKB ini dilaksanakan dua sesi dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, hari ini 425 peserta mengikuti tes di Kantor BKN, sedangkan peserta tes yang lain tersebar di 18 lokasi, 12 kantor regional dan 6 UPT, 2 lokasi di Malaysia dan di Belanda.

 

BPPT dibantu oleh BKN dan Kementerian Luar Negeri untuk pelaksanaan tes SKB di Luar Negeri tersebut, dengan menyediakan tenaga,  fasilitas dan infrastuktur.

Penerapan tes di luar negeri sampai selesai dapat terlaksana dengan lancar ada tes SKB dengan CAT, Talent Mapping dan tes wawancara unit kerja, pungkasnya.

 

Sebagai informasi, penentuan standar kelulusan secara umum ditentukan SKD 40%, dan SKB 60 % dari 60 % itu 50% merupakan nilai tes CAT (tertulis) , 25 % nilai dari talent mapping dan 25 % dari tes wawancara. Dan yang menentukan urutannya adalah integrasi nilai dari BKN untuk nantinya diumumkan. (Humas BPPT)

 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT