• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tingkatkan Daya Saing, Melalui Sinergi Dalam Ekosistem Inovasi

BPPT dan BUMN merupakan bagian dari sebuah ekosistem inovasi, dimana BPPT saat ini menjadi leading sector untuk inovasi teknologi dalam Prioritas Riset Nasional yang tentu saja juga melibatkan seluruh kluster di BUMN. Tentu saja membutuhkan sebuah sinergi dan kolaborasi dengan ekosistem inovasi sebagai kata kunci. Inovasi tersebut yang akan membawa menjadi sebuah kekuatan meningkatkan daya saing bangsa, kata Kepala BPPT Hammam Riza saat acara webinar dengan tema Pengembangan Teknologi BUMN yang diadakan Forum Ekselen BUMN (26/10).

 

Kebijakan Making Indonesia 4.0 yang dicanangkan Pemerintah dalam rangka memasuki era revolusi industri 4.0 memerlukan berbagai kesiapan yang holistik mulai dari pembangunan dan penguatan infrastruktur, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), pembangunan dan penguatan sektor iptek, kebijakan dan regulasi pendukung.

 

Strategi prioritas nasional untuk Making Indonesia 4.0 menurut Hammam merupakan suatu roadmap strategis Indonesia dalam memasuki industri 4.0 guna mencapai 10 besar ekonomi terkuat didunia ditahun 2030 melalui perbaikan alur aliran material, mendasin ulang zona industri, peningkatan kualitas SDM serta pemberdayaan UMKM. Fokus BPPT saat ini adalah pada penerapan insentif, investasi teknologi dan pembentukan ekosistem inovasi, ujarnya.

 

Selain itu, transformasi di tubuh Badan Usaha Milik Negara mulai menjadi perhatian. Pengembangan perusahaan terus digenjot agar memberikan kontribusi yang maksimum bagi pendapatan negara. Namun kendala yang terjadi adalah masih banyak perusahaan negara yang stagnan bahkan belum bertumbuh.

 

Menurutnya, perubahan dunia bisnis terus melaju, internet of things, industri 4.0, big data, artificial intelegence merupakan sebuah tren baru perkembangan tekhnologi informasi yang menggerakan banyak industri.

 

Transformasi budaya organisasi dan memanfaatkan teknologi berbasis digital merupakan langkah cepat. Melalui ekosistem inovasi teknologi dengan kerangka Pentahelix dengan segala bentuk elemennya seperti pemerintah, akademisi, komunitas, industri dan media.

 

Dengan kelima elemen tersebut diharapkan dapat menghasilkan inovasi dan difusi teknologi dan proses pembelajarannya dalam upaya mendorong pembangunan ekonomi berbasis teknologi.

 

Hammam menyebut, seperti yang dilakukan BPPT dalam menangani pandemi Covid-19 melalui sinergi kelembagaan bernama Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk penanganan Covid-19 (TFRIC19) melalui kerangka Pentahelix yang telah menghasilkan berbagai produk buatan dalam negeri, pungkasnya.

 

Sementara Asisten Deputi Bidang Teknologi dan Informasi Imam Bustomi menyampaikan, dengan bertambahnya jumlah penduduk yang luar biasa jumlahnya dan urbanisasi juga besar. Maka disinilah peran emerging economy negara berkembang akan semakin dominan.

 

Banyak hal yang terjadi di era ini dan kita harus menyiapkan diri serta harus meyakini satu sama lain melalui sinergi dan berkolaborasi agar dapat keluar dari ketertinggalan, ujarnya.

 

Indonesia sebagai salah satu  terbesar negara terbesar dalam penggunaan perangkat digital, harapkan perkembangan ekonomi digital yang terbesar ini seharusnya kita juga dapat menguasai teknologi  dengan  menggunakan teknologi karya anak bangsa, jelasnya. (Humas BPPT)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT