• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Hari Pahlawan Tahun 2020: Utamakan Persatuan Dan Kesatuan Melalui Nilai Kepahlawanan

Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2020 tahun ini mengangkat tema Pahlawanku Sepanjang Masa, adapun sebagai inspektur upacara adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Upacara tersebut turut dihadiri pejabat dilingkungan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Riset Teknologi/BRIN, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi serta Badan Standarisasi Nasional (10/11).

 

Dalam sambutannya Luhut menyampaikan, hari pahlawan tidak hanya sekedar diingat saja namun lebih dari itu. Perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh kita semua.

 

Apa yang telah dilakukan oleh para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita untuk meneruskan perjuangan mereka. Jika dulu berjuang dengan mengangkat senjata maka sekarang berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia, lanjutnya.

 

Peringatan hari pahlwan tahun ini diharapkan berlangsung secara khidmat dengan tidak kehilangan makna bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk mengugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dengan menanamkan nilai kepahlawanan seperti percaya kepada Tuhan, rela berkorban, pantang menyerah, bergotong royong semuanya itu perlu terus dirawat agar dapat tumbuh bersemi didalam hati masyarakat Indonesia.

 

Luhut juga mengajak untuk berpartisipasi dalam peringatan hari pahlawan sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan sebagaimana diungkapkan  Presiden pertama Indonesia Soekarno yang menyatakan “hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar“.

 

Kita harus bisa buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing penuh serta daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa lain di dunia, pungkasnya. (Humas BPPT)

 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT