• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

BiskuNeo, Solusi Pangan Bergizi Saat Darurat Bencana

Hujan deras yang mengguyur wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya sejak sabtu dini hari mengakibatkan beberapa wilayah dilanda banjir. Salah satu yang terdampak dari tingginya intensitas curah hujan yang terus mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya adalah kawasan Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan (20/02)

 

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pun berupaya untuk memberikan bantuan kepada para korban yakni berupa BiskuNeo yang merupakan inovasi pangan darurat bencana yang diyakini mampu memenuhi pasokan makanan untuk para korban banjir.

 

Bantuan yang disalurkan kali ini berjumlah 3.240 pcs. Tiap bungkus BiskuNeo memiliki nilai kalori 170kkal serta tinggi vitamin dan mineral yang dapat menemuhi 80% AKG harian. Karena biskuit satu ini memiliki kandungan protein di dalamnya, tentunya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

Beberapa hal tersebut di diatas menandakan bahwa penyediaan BiskuNeo menjadi suatu keharusan untuk membantu menjaga kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ketika terjadi bencana alam.

 

Camat Serpong Utara, Bani Khosyatullah ketika ditemui saat meninjau lokasi banjir mengatakan, pihaknya akan segera mendistribusikan BiskuNeo ini untuk membantu para korban banjir yang terdampak di wilayahnya.

 

"Terimakasih kepada BPPT yang menyediakan makanan bernutrisi tinggi ini. Saat ini kami juga membutuhkan berbagai alat kebersihan, makanan siap saji, dan logistik untuk dapur umum," ujar Bani.

 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tangerang Selatan telah memetakan sejumlah titik rawan banjir di tujuh wilayah kecamatan. Mulai dari Kecamatan Setu, Serpong, Serpong Utara, Pondok Aren, Ciputat, Ciputat Timur sampai dengan Pamulang.

 

BPPT saat ini juga menyiagakan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) jika sewaktu waktu terjadi status darurat bencana banjir.

 

Berdasarkan hasil operasi TMC di awal tahun 2020, teknologi ini mampu mengurangi curah hujan di Jabodetabek sebesar 21 - 47 persen. BPPT melalui berbagai penguasaan teknologi selalu siap dalam melakukan berbagai penanganan terhadap bencana alam yang dapat terjadi kapan saja. (Humas BPPT)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT