• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kembangkan Potensi SDM Iptek, BPPT Gelar Pelatihan Jabatan Fungsional Teknisi Litkayasa Angkatan II

Teknisi Litkayasa adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan kegiatan penelitian dan perekayasaan pada instansi pemerintah, kata Kepala BPPT Hammam Riza di acara Pelatihan Jabatan Fungsional Teknisi Litkayasa Angkatan II Tahun 2021 secara daring (29/03).

 

Pelatihan ini bertujuan agar para teknisi litkayasa mampu memahami tugas pokok, fungsi jabatan fungsional teknisi litkayasa, pengembangan profesi serta pelaksanaan kegiatan penunjang teknisi penelitian dan kerekayasaan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

 

Sebagai instansi Pembina Teknisi Litkayasa BPPT akan melakukan revisi Permenpan Jabatan Fungsional Litkayasanya untuk memenuhi aturan sesuai UU ASN No 5 Tahun 2014 yang juga merujuk ke UU No 11 Tahun 2019 SISNAS IPTEK. Ini adalah dua Undang-undang legal frame work bagi para perekayasa yang menjadikan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi landasan pembangunan ekonomi nasional dan berbasis inovasi.

 

Hammam menuturkan, sesuai Keputusan Kepala BPPT Nomor 147/KP/BPPT/V/2007  tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Teknisi Penelitian dan Perekayasaan (Litkayasa) dan angka kreditnya disebutkan bahwa dalam hal pembinaan karir Jabatan Fungsional Teknisi Litkayasa, BPPT sebagai instansi pembina memiliki tugas untuk menyelenggarakan pelatihan fungsional teknisi litkayasa secara nasional.

 

Teknisi Litkayasa lanjut Hammam, berkewajiban menjadi mitra peneliti dan perekayasa dalam mengembangkan iptek, meningkatkan keterampilan sesuai dengan bidang ilmu yang diminati, serta menjunjung tinggi profesi terhormatnya sebagai seorang terpelajar dengan bekerja secara terencana, sistematis mengikuti prosedur yang telah ditetapkan dan melaksanakannya dengan standar ilmiah.

 

Pejabat Fungsional Teknisi Litkayasa merupakan aktor kunci dalam kegiatan pengakajian dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan invensi dan inovasi yang menjadi salah satu faktor penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

 

Dari pelatihan ini diharapkan para Fungsional Teknisi Litkayasa ini memegang peran penting dalam pengembangan kompetensi SDM Iptek yang merupakan bagian terintegrasi dari manajemen ASN secara keseluruhan sesuai yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017.

 

Selain itu diharapkan mampu mendukung kegiatan kerekayasaan dengan bekerjasama dengan para perekayasa, peneliti, dan jabatan fungsional lainnya agar mampu menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat, pungkas Hammam.

 

Sementara, Kepala Pusat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan BPPT Aton Yulianto  menjelaskan pelatihan ini ditujukan untuk membekali pengetahuan, keahlian, sikap dan perilaku yang dibutuhkan dalam melaksanakan kegiatan teknisi penelitian dan kerekayasaan bagi PNS yang meniti karir pada jabatan fungsional teknisi litkayasa.

 

Adapun materi yang diberikan sebut Aton diantaranya pembinaan karir jabatan Fungsional Litkayasa, manajemen Litbangjirap, butir-butir kegiatan dan angka kreditnya, penyusunan teknik laporan, pedoman dan tata cara penyusunan dupak tentang inovasi teknologi serta keselamatan kerja.

 

Sebagai informasi, dipelatihan ini disampaikan tujuh materi pokok dengan pengajar yang berkompeten dan dilaksanakan 32 jam selama 7 hari terhitung sejak 29 Maret -7 April 2021, dengan pendekatan andrapogi sehingga peserta pelatihan dipacu untuk berpartisipasi secara aktif dengan membangun komunikasi dua arah yang kondusif selama proses belajar mengajar berlangsung.

 

Peserta pelatihan ini sebanyak 40 orang yang berasal dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian. Pembelajaran ini dilakukan melalui aplikasi e-learning system BPPT. (Humas BPPT)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT