• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Sebagai Upaya Peningkatan Kapasitas Pegawai, BPPT Terapkan Sistem Merit

Sistem Merit telah diamanatkan penerapannya dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan tujuan untuk memastikan jabatan yang ada di birokrasi pemerintah diduduki pegawai yang memenuhi persyaratan kualifikasi dan kompetensi, kata Kepala BPPT Hammam Riza di acara Integrasi Hasil Penilaian Assessment Kompetensi Teknis, di jakarta (09/04).

 

Disebutkannya bahwa penerapan Sistem Merit adalah dengan membangun manajemen talenta sebagai metode tata kelola dalam pengumpulan talenta (talent pool) yang digunakan untuk memetakan, melihat potensi dan mengembangkan talenta, menyiapkan para calon pemimpin yang dibutuhkan BPPT dalam jangka pendek maupun jangka panjang dengan membangun talent pool yang berkesinambungan melalui upaya peningkatan kapasitas pegawai secara konvensional maupun non-konvensional.

 

Lebih lanjut, dalam penilianan Sistem Merit yang dilakukan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Tahun 2019 bahwa penilaian Sistem Merit BPPT mengalami peningkatan yang signifikan dari kategori III (Tiga) Baik dengan skor penilaian 310,5  pada  2018, menjadi kategori IV (empat) Sangat Baik  dengan skor penilaian 336,5 dan indeks 0,84 pada tahun 2019.

 

Sementara, target di 2021 akan dilaksanakan penilaian pada Juni, nilai Sistem Merit BPPT menjadi 360 dengan Indeks 0,9, ujarnya. Hammam berharap dengan dilaksanakannya kegiatan uji kompetensi manajerial, sosial kultural, teknis dan kalibrasi SKP maka dapat meningkatkan pelaksanaan Sistem Merit di Lingkungan BPPT.

 

Dikesempatan yang sama, Yanti salah satu Tim Asesor PT. Ara mengungkapkan, meeting integritas merupakan assessment center dengan tujuan menyamakan persepsi atas bukti yang tampil, dilakukan sebelum menulis laporan tentang pegawai yang dievaluasi.

 

Tidak hanya itu menurutnya, dalam proses ini seluruh data yang didapat mengenai pegawai yang dievaluasi akan diintegrasikan oleh tim penilai kompetensi. Sehingga didapat gambaran mengenai kompetensi yang dimiliki pegawai melalui mekanisme integritas dengan menggunakan standar kompetensi jabatan sebagai acuan serta berbagai informasi mengenai kompetensi teknis atas jabatan yang akan direview dan disatukan. (Humas BPPT)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT