• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Dengan Inovasi Teknologi, BPPT Ajak SDM Iptek Berkarya Untuk Negeri

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) merupakan Lembaga Pemerintah non Kementerian yang berada di bawah koordinasi Badan Riset dan Inovasi Nasional  (BRIN) yang mempunyai tugas pemerintah di bidang pengkajian dan penerapan teknologi. Jadi kita wajib menjaga dan melakukan upaya untuk mengembangkan dan menghasilkan teknologi yang unggul baik tingkat nasional maupun global.

 

BPPT saat ini memiliki 293 pegawai dengan gelar doktor, dan 967 pegawai bergelar S2. Jumlah ini belum cukup ideal dalam menghela atau membawa gerbong delapan fokus bidang teknologi sesuai dengan program prioritas nasional.

 

Berangkat dari hal tersebut, saat ini BPPT sedang melaksanakan nurturing talent program dengan menyekolahkan pegawai ke jenjang doktoral, tentunya dengan jurusan studi yang mendukung program prioritas BPPT, kata Sekretaris Utama BPPT Dadan Moh Nurjaman yang mewakili Kepala BPPT di acara webinar Sosialisasi Calon ASN BRIN 2021 dengan tema Berkarya dan Berkontribusi untuk Negeri Melalui Inovasi Teknologi (16/07).

 

Lebih lanjut dikatakan Dadan, Indonesia membutuhkan kehadiran inovasi teknologi dalam waktu yang cepat terlebih di era pemulihan ekonomi, kehadiran. Dengan kehadiran rekan-rekan cendikiawan diibaratkan sebagai cutting edge technology diharapkan dapat langsung mengisi kekosongan dalam suatu program dan tidak menutup kemungkinan dapat langsung memimpin program prioritas tersebut, sesuai dengan bidang keahliannya.

 

Adapun Undang-undang Nomor 11 tahun 2019 menjadi dasar eksistensi BPPT dalam upaya penguatan inovasi teknologi serta meningkatkan peran pengkajian dan penerapan teknologi. “Karena itu BPPT bertanggungjawab menguasai teknologi, mendayagunakan teknologi dan menjamin keberhasilannya, peran ini harus dikuatkan melalui ekosistem inovasi”, ujarnya.

 

Ada pun delapan bidang fokus yang akan dikaji dan diterapkan BPPT yakni bidang teknologi kebencanaan, bidang rekayasa keteknikan, bidang kemaritiman, bidang transportasi kesehatan dan pangan, bidang energi, bidang pertahanan dan keamanan serta bidang teknologi informasi dan elektronika.

 

Ini adalah sebuah tantangan untuk dapat berhasil menerapkan inovasi teknologi bagi negeri melalui kolaborasi sinergi dari seluruh ekosistem yang membangun kemampuan penguasaan hingga kepada hilirisasi produk delapan bidang fokus teknologi. “Tentunya dengan terus mengedepankan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN), serta melaksanakan transformasi digital dan kemampuan untuk memanfaatkan media 4.0 dalam menyuarakan hasil-hasil inovasi di berbagai fokus bidang teknologi”, jelas Dadan.

 

Indonesia menjadi negara yang maju dengan ekonomi berbasis inovasi adalah sebuah cita-cita, tentunya ini adalah sebuah perjalanan yang dimulai dari satu langkah dan kemudian berlari.

 

Dengan transformasi digital Dadan menyebut, memungkinkan semua orang berpartisipasi dalam ekosistem inovasi ini. Untuk itu, BPPT berupaya mengajak semua pihak baik di kota besar hingga pulau terluar dalam upaya pemulihan ekonomi melalui ekosistem inovasi.

 

Peran SDM Iptek

Melalui dukungan SDM Iptek BPPT yang berlaborasi dengan SDM Iptek di BRIN diharapkan akan menghasilkan inovasi-inovasi yang dapat bermanfaat bagi negeri.

SDM Iptek lain datang dari adanya pengadaan CASN BRIN dengan total 325 formasi yang terbagi menjadi 221 formasi CPNS dan 104 formasi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK).

 

Rekrutmen ini terbuka bagi warga negara Indonesia dengan kualifikasi pendidikan doktoral (S-3) lulusan perguruan tinggi dalam maupun luar negeri dengan berbagai bidang riset yang ditawarkan meliputi riset hayati dan bioteknologi, riset teknik, riset geologi dan kelautan, riset ketenaganukliran, riset penerbangan dan keantariksaan, dan riset sosial & kemanusiaan.

 

Diharapkan Indonesia kedepan dapat menjadi negara dengan kekuatan ekonomi yang tinggi serta didukung dengan berlimpahnya SDM Iptek yang berkualitas, pungkasnya. (Humas BPPT)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT