Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

DUKUNGAN LAYANAN PRIMA PDIS DALAM PENGUATAN PERAN BPPT PADA SISTEM INOVASI NASIONAL

Pusat Data Informasi dan Standarisasi (PDIS) harus dapat memberikan layanan prima untuk mendukung kegiatan BPPT. Hal tersebut fapat dilakukan dengan cara memberikan dukungan informasi internal maupun eksternal dalam bidang sistem informasi dan standardisasi untuk mendorong kemitraan dan pemanfaatan teknologi secara optimal dan akuntabel.

Hal demikian disampaikan oleh Sekretaris Utama BPPT, Jumain Appe saat membuka acara Workshop Layanan Prima PDIS Dalam Rangka Mendukung Kegiatan BPPT, Selasa (9/8). Menurutnya layanan prima yang yang diberikan PDIS harus dapat mendukung Reformasi Birokrasi (RB) yang dilakukan BPPT dengan memberikan layanan prima yang berdasarkan sistem informasi nasional.

Lebih lanjut Jumain mengatakan bahwa inovasi merupakan kata kunci untuk mewujudkan pembangunan ekonomi nasional. Yang terpenting, peran BPPT ke depan harus berdasarkan kerangka inovasi. PDIS melakukan inovasi dengan memberikan layanan prima untuk mendorong proses inovasi BPPT berupa layanan prima standardisasi dan akreditasi, layanan jaringan, layanan perpustakaan, dan layanan data dan Informasi, yang dilakukan untuk mencapai percepatan, efektifitas, efisiensi berdasarkan standar operasional dalam mencapai RB, jelasnya.

Salah satu output RB adalah e-Government yang berjalan dengan baik seperti e-procurement dan e-proposal. SOP BPPT dikemas dalam sistem elektronik dalam rangka mendukung layanan prima yang merujuk e-Government, lanjutnya.

Senada dengan Jumain, Kepala PDIS, Hary Budiarto menegaskan bahwa tugas utama PDIS adalah memberikan layanan internal dan eksternal. Dalam rangka keterbukaan informasi, PDIS memberikan fasilitas yang dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh unit kerja di lingkungan BPPT seperti database gaji dan database SDM yang dapat diakses secara pribadi oleh perorangan untuk kemudian data tersebut divalidasi oleh Biro SDMO, jelasnya.

Selanjutnya, Ia juga menyampaikan fasilitas pada layanan data dan informasi menyediakan website yang dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh unit kerja, layanan referensi perpustakaan untuk kerekayasaan perpustakaan menyediakan fasilitas seminar online, journal online, e-local conten, serta layanan standardisasi dan akreditasi yang menfasilitasi sertifikasi laboratorium di BPPT.

Selain itu, tambahnya, tersedia juga layanan jaringan untuk membangun infrastruktur jaringan yang dapat memberikan akses internet di lingkungan BPPT baik yang berlokasi di Thamrin maupun di Puspiptek Serpong. Berdasarkan rencana, tahun depan PDIS akan menyediakan fasilitas teleconference, IPTV dan VOD, tuturnya.

Hadir pada lokakarya tersebut sebanyak 121 peserta yang berasal dari enam kedeputian di BPPT. Lokakarya tersebut dilaksanakan khusus untuk pegawai BPPT yang berkantor disekitar Thamrin, sedangkan dan untuk UPT/Balai di lingkungan Serpong akan dilaksanakan pada Senin, 15 Agustus 2011 di LAPTIAB Serpong. (pdis/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id