Tel: (021) 316 9534   Email: humas@bppt.go.id

LAUNCHING SEKALIGUS LELANG PERDANA AGENCY BAPETEN DAN BSN DI LPSE BPPT

Sejak dilaunching tahun 2010 lalu, sudah ada dua Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang bergabung dalam Layanan Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik (LPSE) BPPT yaitu Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Dan kali ini Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) merupakan LPNK ketiga yang tergabung dalam LPSE BPPT, jelas Ketua LPSE BPPT, Ardi Matutu, Kamis (13/10).

Setelah sebelumnya Bapeten mendapatkan training baik mengenai pengadaan barang, admin agency maupun kepanitiaan, maka hari ini akan dilaunching paket lelang perdananya. Paket lelang yang dilakukan berupa jasa layanan iklan Bapeten, dengan nilai sebesar 187 juta rupiah, ungkap Ardi lebih lanjut.

Menurut Ardi, selama awal pelaksanaan lelang elektronik, panitia Bapeten akan dibantu oleh tim LPSE BPPT. Tapi ketika nanti admin agency Bapeten sudah bisa menangani sendiri, maka tidak perlu harus ke BPPT untuk melakukan transaksi lelang. Cukup dengan online maka pihak Bapeten dapat melakukan transaksi pengadaan barang dan jasa secara elektronik melalui LPSE BPPT, terangnya.

Dengan bergabungnya LPNK dalam LPSE BPPT itu merupakan upaya kita untuk mendukung program pemerintah khususnya dalam pengadaan barang dan jasa yang lebih transparan, lebih terbuka, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan. Berkaitan dengan teknologi, BPPT diharapkan dapat berperan dalam memberikan solusi atau temuan teknologi untuk lebih meningkatkan kualitas sistem yang selama ini ada, ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, pihak Bapeten sendiri menyatakan bahwa yang mendorong pihaknya untuk ikut bergabung dengan LPSE BPPT adalah agar pro ses pengadaan barang/jasa pemerintah di lingkungan Bapeten dapat berjalan lebih efisien, efektif, transparan dan akuntabel. Selain itu tentunya dengan mengutamakan prinsip-prinsip persaingan usaha yang sehat, terbuka, transparan dan berlaku adil badi semua. Kenapa BPPT? Karena kami juga ingin mengetahui ilmu dalam bidang LPSE yang telah dilakukan BPPT selama ini, jelas salah seorang panitia lelang Bapeten.

Seperti diketahui sejak dilaunching, LPSE BPPT telah menerima dua penghargaan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) yaitu sebagai Pengelola LPSE Terbaik Kategori Lelang Elektronik Kuartal 1 2011 Tingkat LPNK dan penghargaan sebagai instansi tercepat dalam pembentukan LPSE dan implementasi e-procurement pada tahun 2010.

Sistem E-Procurement memberikan keunggulan dan manfaat berupa transparansi dalam layanan transaksi. Melalui pengadaaan barang dan jasa secara online, publik akan lebih mudah mengakses informasi terkini setiap saat. Melalui E-Procurement, layanan transaksi juga menjadi lebih efektif dan efisien. Proses pelaksanaan tender dapat dipercepat dari yang semula membutuhkan 36 hari menjadi 18 hari. Layanan transakasi pun bersifat kompetisi dan termonitoring dikarenakan proses pelaksanaan tender dimonitoring oleh masyarakat yang diharapkan dapat mengidentifikasi dan mengeliminasi faktor resiko.

Selain itu, tercatat sebagai LPNK keempat, BSN juga telah melaunchingkan paket lelang perdana di LPSE BPPT berupa paket pengadaan peralatan kantor sebesar Rp. 592.576.600 , siang tadi (17/10). Kepala Bagian Keuangan BSN, Bambang Indrianto menyatakan bahwa BSN belum pernah menggunakan LPSE, tetapi sesuai dengan aturan  Perpres no.4 disarankan untuk menggunakan LPSE, kebetulan BPPT sudah menggunakan LPSE dan sama-sama dibawah koordinasi Ristek, akhirnya kami bergabung dengan BPPT. 

Latar belakang BSN bergabung dengan LPSE BPPT, karena di Sumber Daya Manusia di BSN sangat kurang sehingga dengan LPSE ini sangat membantu sekali, katanya.  Menurutnya, dengan adanya LPSE, waktu prosesnya sangat efisien dan dapat menghindari sanggahan-sanggahan, karena tahun 2010 lalu salah satu kendalanya terhadap sanggahan akhirnya sampai pengadaannya tidak cukup waktu. Sehingga kedepannya diharapkan antara BPPT dan BSN dapat bekerja sama dalaam kegiatan lainnya. (KYRAS/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 9534

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id