• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Revolusi Industri 4.0 di Lingkungan Akademis : Sistem Pendidikan Perlu Gerakan Literasi Baru

SIARAN PERS BPPT

SP.No. 101/HMP/HMS/HKH/IX/2019

Selasa 24 September 2019

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Sistem Pendidikan Perlu Gerakan Literasi Baru

 

Masifnya dampak revolusi industi 4.0 di lingkungan civitas akademika mendorong perlunya gerakan literasi baru.

Disampaikan Deputi Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB) BPPT Soni Solistia Wirawan, hal tersebut dibutuhkan guna menciptakan lulusan yang kompetitif, dengan menyempurnakan gerakan literasi lama yang hanya fokus pada peningkatan kemampuan membaca, menulis, dan matematika. 

 

"Era revolusi industri 4.0 merupakan tantangan berat bagi Dosen Indonesia. Jika tidak mengubah cara mendidik dan belajar-mengajar, pada masa mendatang kita akan mengalami kesulitan besar," ungkapnya saat mewakili Kepala BPPT dalam penyampaian orasi ilmiah Wisuda ke - 29 Universitas Darma Persada, Jakarta.

 

Soni juga menyebutkan adanya beberapa Gerakan Literasi Baru yang harus dikuasai di era Revolusi Industri 4.0 yaitu literasi data, literasi teknologi, literasi bahasa dan literasi manusia. 

 

"Jadi ya, Dosen tidak hanya mengajarkan ilmu atau kompetensi kepada mahasiswa, tapi juga memberi pengalaman dan pandangan inovatif sehingga mahasiswa dapat adaptif saat bekerja", paparnya.

 

Dalam orasi tersebut, Soni juga sampaikan kepada para wisudawan untuk tidak hanya sekedar lulus, namun juga memiliki keterampilan yang tepat guna menghadapi Revolusi Industri 4.0 agar terus mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan bangsa. 

 

"Begitu juga dengan perguruan tinggi, diharapkan mampu menyiapkan SDM yang memiliki kompetensi mumpuni untuk dapat bersaing secara global, dan mampu membangun jiwa kewirausahaan mahasiswanya, untuk menciptakan lapangan kerja baru melihat dampak revolusi industri 4.0 ini sangat luas sehingga banyak lapangan pekerjaan yang bisa diciptakan mahasiswa," pungkasnya. (Humas/HMP).


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT