• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

SP.039/VIII/2020 - Usia 42 Tahun, BPPT Terus Berinovasi Untuk Kemajuan Bangsa

SIARAN PERS BPPT

SP.No. 39 HMP/HMS/HKH/VII/2020

Jakarta, 24 Agustus 2020

Usia 42 Tahun, BPPT Terus Berinovasi Untuk Kemajuan Bangsa

 

Pentingnya konsep berakhir diawal dan berawal diakhir dari B.J Habibie khususnya yang terkait adalah reverse engineering ternyata diperlukan dan memberikan hasil ketika ada keterbatasan waktu dan urgensi sehingga lahirlah beberapa inovasi alat kesehatan, kata Menteri Riset Teknologi/Kepala BRIN Bambang PS Brojonegoro diacara HUT BPPT ke-42 dengan tema Membangun Ekosistem Inovasi Teknologi Untuk Indonesia Maju, di Jakarta (24/08).

 

Industri alat kesehatan dan bahan baku obat di Indonesia menurut Bambang, tidak didisain untuk bisa menjamin masyarakat Indonesia yang sehat, tetapi dengan adanya kemampuan reverse engineering maka ketergantungan terhadap impor bisa dikurangi

 

Labih lanjut diuatarakannya, ketika BPPT sudah berhasil dengan inovasi alat kesehatan generasi pertama maka harus ada lanjutannya yakni pengembangan produk yang berbasis riset dan inovasi untuk meningkatkan daya saing karenanya pengembangan produk harus menjadi fokus utama.

 

Saya yakin kemampuan BPPT dalam melakukan pengembangan produk akan menjadi keunggulan BPPT juga keunggulan Indonesia kedepan karena daya saing ditentukan oleh pengembangan produk, jelas Bambang.

 

Sementara, Kepala BPPT Hammam Riza menyampaikan dengan lahirnya UU No. 11 Tahun 2019 tentang Sisnas Iptek yang ditandatangani Presiden pada 13 Agustus 2019 menjadi tonggak sejarah penting dalam konteks pembangunan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi di Indonesia.

 

Hammam menuturkan, bahwa UU Sisnas Iptek semakin memperkokoh perlunya lembaga pengkajian dan penerapan teknologi. BPPT sebagai lembaga pengkajian dan penerapan teknologi, mempunyai tujuh peran strategis yaitu: perekayasaan, audit teknologi, kliring teknologi, alih teknologi, intermediasi teknologi, difusi IPTEK dan komersialisasi teknologi.

 

Dalam perjalanannya Hammam menjelaskan, BPPT semakin memantapkan kegiatan pengkajian dan penerapan dengan melakukan penguasaan teknologi dan bertanggung jawab atas keberhasilan penerapannya terutama dalam menghasilkan inovasi teknologi untuk mengatasi Covid-19 serta menghela pertumbuhan ekonomi nasional.

 

Disisi lain lanjut Hammam, BPPT akan terus melanjutkan cita-cita mulia founding father Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi B.J Habibie dengan menjadikan Indonesia mampu sejajar dengan negara-negara maju lainnya terutama dalam penguasaaan dan pendayagunaan teknologi.

 

Ia mengingatkan kembali tentang pesan Presiden ke-3 RI B.J Habibie yakni “Jangan pernah berhenti berjuang sampai masuk ke dimensi yang lain.” Transformasi Indonesia menjadi negara maju berbasis pada inovasi teknologi adalah retro masa lalu, kerja kita sekarang dan untuk masa depan.

 

Kolaborasi Inovasi Teknologi

Di masa Covid-19, BPPT tidak berpangku tangan dalam menanggulangi penyebaran Pandemi Covid-19. BPPT terpanggil untuk bergerak cepat dengan mengerahkan seluruh kemampuannya untuk berkontribusi menghasilkan inovasi teknologi dalam melaksanakan testing, tracingtrackingdetectingisolating, dan treating.

 

Melalui kolaborasi Penta Helix, dalam sebuah supertim Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk penanganan Covid-19, disingkat TFRIC-19, yang beranggotakan 8 institusi litbang pemerintah, 18 perguruan tinggi, empat kalangan industri, enam startup, tiga rumah sakit, dan 15 komunitas/asosiasi profesi. TFRIC-19 dikoordinasikan oleh BPPT sebagai bagian dari Konsorsium Riset dan Inovasi Penanganan Covid-19 Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional.

 

Di usia ke-42 sebut Hammam, BPPT dengan bangga mempersembahkan terobosan baru produk inovasi dari TFRIC-19 yang terdiri dari RDT iCOVID-19, Bahan Baku RDT Protein Rekombinan, Biosensor SPR, PCR Test Kit multiplex Biocov-19, Aplikasi Artificial Intelligence (KA) COVID-19 berbasis citra medis X-ray dan CT-Scan, 2 Data Whole Gnome Sequence yg diakui Global, dan Mobile Laboratory BSL-2 Next Generation.

 

BPPT juga berperan penting dalam melaksanakan dan mendukung Program Prioritas (Flagship) Riset dan Inovasi Nasional dan Penugasan Nasional melalui pengkajian dan penerapan teknologi Indonesia Tsunami Early Warning System (Ina TEWS), Puna Male “Elang Hitam”, Garam Industri Terintegrasi, PLT Panas Bumi, PLTSa, PLT Biogas, Charging Station untuk KBL, Peningkatan TKDN, SPBE, Pengolahan Sampah dan Limbah, Bahan Baku Obat, Teknologi Tepat Guna Pangan dan disrupsi frontier technology masa depan.

 

BPPT terus berupaya menjalankan amanat UU Sisnas Iptek, sebagai lembaga pengkajian dan penerapan yang berfungsi untuk menguasai teknologi,  meningkatkan pendayaagunaannya, bertanggung jawab menghasilkan inovasi dan mendorong keberhasilan penerapannya, pungkasnya.

 

Mitra Strategis BPPT

Seluruh permasalahan yang dihadapi bangsa ini selalu melibatkan para peneliti dan perekayasa di BPPT terutama dibidang transformasi teknologi dan transformasi digital seperti survei kelautan, isu pangan dan sebagainya, hal tersebut dikatakan Sahat Manaor Panggabean Staf Ahli Bidang Manajemen Konektivitas yang mewakili Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi diacara HUT BPPT ke-42, Jakarta (24/08).

 

Ditambahkannya, kami sangat mengapresiasi semua prestasi yang sudah dicapai oleh BPPT terutama dalam penanganan kasus Covid-19 ini namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan pasca Covid-19 ini.

 

Hal penting yang menjadi perhatian antara lain adalah isu pangan, karena negara lain pun belum tentu akan mengekspor bahan pangannya ke Indonesia dan dibidang kesehatan yang sedang dikembangkan oleh BPPT juga menjadi perhatian penting.

 

Diharapkan lembaga-lembaga penelitian dibawah Kemenristek/BRIN seperti BPPT dapat memberikan kontribusi dalam mengambil kebijakan-kebijakan ditingkat Nasional.

 

Sementara, Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) Jenderal Andika Perkasa mengapresiasi keberhasilan BPPT dalam menghadirkan produk inovasi. Ia juga menyampaikan TNI AD memerlukan upaya ekstra dalam penanganan Covid-19, seperti laboratorium PCR. TNI AD saat ini mempunyai 68 rumah sakit dan baru mempunyai enam yang memiliki laboratorium PCR.

 

Ditambahkan Andika, seluruh rumah sakit kami bukannya tidak merawat pasien Covid-19 dan pasien yang dirawat bukan hanya prajurit atau PNS. Akan tetapi rumah sakit rujukan pasien Covid-19 sudah ditentukan di tiap-tiap daerah. Namun praktiknya, orang yang sakit belum tentu dia tahu bahwa dia kena Covid-19 dan selalu mencari RS terdekat sehingga seluruh rumah sakit kami pasti merawat pasien Covid-19.

 

Lanjut Andika, kemampuan untuk identifikasi melalui PCR test ini yang jauh dari sempurna, saat ini TNI AD baru punya satu yakni di RSPAD. Laboratorium kedua ini merupakan pinjaman dari BPPT yang berada di RS Ridwan Meuraksa.

 

Dikesempatan tersebut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo secara virtual menyampaikan bahwa BPPT sudah sejak lama menjadi mitra BNPB dalam memberikan kontribusi nyata penanganan bencana khususnya terkait kebakaran hutan dan lahan terutama dengan memanfaatkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

 

Dimasa pandemi pun BPPT berkontribusi membantu Pemerintah dalam penanganan Covid-19 dengan melahirkan produk inovasi buatan anak bangsa yang sudah diluncurkan oleh Presiden RI pada 20 Mei 2020 yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional dengan produk-produk yang sudah dapat diproduksi secara massal didalam negeri,

 

“Selamat Ulang Tahun ke-42 BPPT, teruslah berinovasi sebagai solusi untuk kemajuan Indonesia”, tutup Doni. 

 

Sebagai informasi, di acara tersebut juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara BPPT dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan MoU antara BPPT dan PT Tempo Scan Pacific Tbk. 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT