• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

SP.052/XI/2020 - BPPT Prakarsai Gelaran Inovasi Indonesia Artificial Intelligence Summit 2020

SIARAN PERS BPPT

SP.No. 64/HMP/HMS/HKH/XI/2020

Jakarta, 10 November 2020

 

BPPT Prakarsai Gelaran Inovasi Indonesia Artificial Intelligence Summit 2020

 

 

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menginisiasi gelaran Indonesia Artificial Intelligence Summit 2020, yang dimulai hari ini, Selasa 10-13 November 2020.

Dikatakan Kepala BPPT Hammam Riza, dalam upaya menyongsong Era Industri 4.0 dan mendorong Indonesia menuju negara maju yang didorong oleh inovasi (Innovation driven economy), Indonesia mulai gencar mengadopsi teknologi digital terbaru, terutama Aritificial Intellegence (AI) atau Kecerdasan Artifisial (KA).

Pemerintah saat ini telah mengimplementasikan Teknologi Kecerdasan Artifisial (KA) dalam berbagai bidang antara lain industri manufaktur, digital, kesehatan, pangan, energi, pemerintahan, perbankan, keamanan dan pertahanan. Pemanfaatan teknologi KA diyakini akan meningkatkan produktivitas bisnis, efisiensi pemanfaatan sumber daya manusia, dan mendorong inovasi di berbagai sektor.

"Untuk itu pembukaan Inovasi Indonesia Artificial Intelligence Summit 2020, dilaksanakan sebagai puncak kegiatan dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi Kecerdasan Artifisial yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa. Acara yang digelar secara virtual ini berlangsung dari tanggal 10 sd 13 Nopember 2020," terang Hammam di Kantor BPPT, Jakarta (10/11/2020).

Dikatakan Kepala BPPT bahwa di Indonesia, tantangan dalam menerapkan Kecerdasan Artifisial ada pada kesiapan regulasi yang mengatur etika penggunaan dan pemanfaatan Kecerdasan Artifisial yang bertanggung jawab, kemudian kesiapan tenaga kerja terampil yang mengembangkan dan menggunakan Kecerdasan Artifisial, kesiapan infrastruktur komputasi dan data pendukung pemodelan Kecerdasan Artifisial, serta kesiapan industri dan sektor-sektor publik dalam mengadopsi inovasi-inovasi Kecerdasan Artifisial.

Untuk itu gelaran Inovasi Indonesia AI Summit 2020 ini merupakan ajang bagi masyarakat IPTEK Indonesia untuk menunjukan pada masyarakat global akan kesiapan dalam mengembangkan kemampuan untuk meluncurkan dan hilirisasi berbagai produk Inovasi dalam kecerdasan artifisial di Indonesia. 

Perlu diketahui, di bulan Agustus 2020 lalu, sebagai upaya untuk mendukung dan mempercepat penerapan KA di Indonesia, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah ditugaskan untuk mengkoordinasikan penyusunan Kebijakan Stranas KA (2020-2045) yang menentukan arah kebijakan nasional dalam pengembangan teknologi KA di Indonesia.

 

"INOVASI INDONESIA AI Summit 2020 ini juga dilaksanakan dalam rangka penyusunan Peraturan Presiden yang akan memperkuat Stranas KA sebagai strategi Indonesia dalam penggunaan kecerdasan artifisial diseluruh aspek, yang meliputi bidang pengembangan talenta AI, Etika dan kajian kebijakan AI, Infrastruktur dan Data AI, Riset dan Inovasi Industri AI, serta program Prioritas dan Quickwin implementasi AI pada awal tahun 2021. Agar penerapannya nanti berjalan lancar, maka dibutuhkan masukan dari masyarakat yang kita ajak berpartisipasi melalui diskusi panel di Indonesia AI Summit 2020 ini," urainya.

Sebagai informasi, acara ini  diikuti oleh berbagai pemangku kepentingan dalam Quad Helix yaitu pemerintah, Industri, Akademisi dan Komunitas. Sesi dalam Inovasi Indonesia AI Summit 2020 yang terdiri dari pameran virtual, sesi poster virtual dan webinar virtual, menghadirkan para ahli di bidang kecerdasan artifisial nasional dan Internasional.

Terdapat juga 7 Institusi pemerintah (BPPT, KPK, Kemendikbud, Kemenperin, BPS, Kominfo, dan KemenpanRB), 8 Universitas, 15 Start-up, 15 asosiasi dan didukung oleh 21 industri global dan nasional yang mengikuti pameran di acara ini. Selain itu, acara ini diharapkan  dapat dijadikan sebagai media kolaborasi berbagai komponen bangsa dalam mewujudkan visi Indonesia 2045. Jumlah visitor sampai dengan hari ini mencapai 6500 visitor dan akan terus meningkat. (HUMAS BPPT)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT