• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

SP.056/XII/2020 - Roadshow Mobile Lab BSL-2 - Percepat Penanggulangan Covid-19 di Indonesia, BPPT Gelar Bakti Inovasi Mobile Lab Biosafety Level-2 Varian Bus

SIARAN PERS BPPT

 

SP.No. 056/HMP/HMS/HKH/XII/2020

 

Jakarta, 16 Desember 2020

 

Bakti Inovasi BPPT - Percepat Penanggulangan Covid-19 di Indonesia, BPPT Gelar Bakti Inovasi Mobile Lab Biosafety Level-2 Varian Bus

 

Laju penyebaran dan peningkatan virus SARS-CoV-2 atau Corona Virus Disease-19 (Covid-19) sampai saat ini masih meresahkan dan belum menunjukan tren penurunan. Dampak krisis kesehatan ini juga telah mempengaruhi semua lini sektor perekonomian, perindustrian, pendidikan, sosial dan lainnya.

 

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi pandemi corona di Indonesia adalah dengan meningkatkan kapasitas pengujian Covid-19. 

 

“Ini langkah awal di semua negara yang telah berhasil melalui gelombang pertama virus corona, mereka semua meningkatkan kapasitas untuk mampu melakukan testing, tracing, treating, dan detecting sejak dini,” jelasnya dalam acara Pelepasan Bakti Inovasi Mobile Lab Biosafety Level-2 (BSL-2) Varian Bus, di Kantor BNPB Jakarta (16/12). 

 

Hammam menjelaskan kepada awak media mengenai inovasi Mobile Lab BSL-2 varian bus ini merupakan perkembangan dari generasi sebelumnya yang berbentuk kontainer dan trailer.

 

Mobile Lab BSL-2 varian bus ini memiliki beberapa kelebihan dibanding generasi mobile lab sebelumnya, yakni mudah dipindahtempatkan dan lebih mampu menjangkau daerah yang membutuhkan. Walau berbentuk bus, namun lab bergerak ini dibangun dengan konsep yang sama seperti generasi sebelumnya yaitu mobile, akurat, dan aman,” detilnya.

 

Dilanjutkannya, sebagaimana dengan varian sebelumnya, Mobile Lab BSL-2 varian bus ini dibangun bersama dengan mitra industri dengan mengikuti standar WHO dan Kementerian Kesehatan untuk pembangunan laboratorium pengujian PCR Covid-19, serta telah diverifikasi oleh Asosiasi Biorisiko Indonesia.

 

“Kerja sama Ini semua dilakukan untuk memperkuat kerangka sinergi multihelix dalam mewujudkan ekosistem riset, inovasi dan industrialisasi di Indonesia,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, Hammam menjelaskan Mobile Lab BSL-2 varian bus ini akan melakukan roadshow di berbagai tempat di Indonesia yang merupakan bagian dari kegiatan Bakti Inovasi Indonesia. Rencananya Roadshow Mobile Lab BSL-2 akan menempuh rute Jakarta-Yogyakarta-Bali-Jombang-Jakarta yang akan dimulai pada tangal 16 Desember dan berakhir pada 29 Desember 2020. Dalam kegiatan ini BPPT juga bekerjasama dengan pihak UGM, Dinas Kesehatan Denpasar - Bali, dan Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang - Jawa Timur.

 

“Kami akan bawa Mobile Lab BSL-2 varian bus ini ketiga tempat tersebut. Bakti Inovasi akan menyediakan layanan tes swab PCR Test di tempat, dan juga memeriksa sampel Covid-19 yang telah dikumpulkan oleh dinas kesehatan daerah tersebut,” papar Hammam.

 

Dirinya berharap dengan inovasi ini dapat membantu pemerintah dalam mempercepat penanggulangan Covid-19 di Indonesia dan tentunya menjadi salah satu milestone kebangkitan inovasi Indonesia. 

 

Sementara, Kepala BNPB Doni Monardo menyampaikan, Mobile Lab BSL-2 varian bus ini salah satu upaya untuk mengurangi kesulitan yang ada karena tidak semua laboratorium di daerah memiliki standar yang lengkap tentang kesehatan.

 

“Kita tidak ingin para petugas laboratorium yang bekerja untuk spesimen terpapar karena standar kelayakan dari laboratorium tempat mereka bekerja belum sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan,” tegas Perwira Tinggi TNI-AD ini.

 

Dirinya mengungkapkan kehadiran Mobile Lab BSL-2 ini adalah salah satu jawaban untuk bisa menutupi kekurangan-kekurangan yang ada di beberapa daerah.

 

“Semoga kehadiran Mobile Lab BSL-2 varian bus akan bisa membantu mempercepat proses pemeriksaan spesimen dari daerah-daerah yang mengalami peningkatan cukup tinggi, kita berharap perjalanan bis ini terlaksana dengan baik, tutupnya. 

 

Sebagai informasi, BPPT sendiri telah membantu pemerintah dalam meningkatkan kapasitas test atau pengujian PCR Test di Indonesia dengan menghadirkan inovasi Mobile Lab Biosafety Level-2 varian kontainer dan trailer. Lab bergerak ini telah beroperasi penuh di beberapa tempat Indonesia, seperti RS Tk II M.Ridwan Meuraksa di Jakarta Timur, Labkesda Tangerang Selatan, Plaju Palembang, dan Rs Tk II Putri Hijau Medan.

 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT