• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

SP.057/XII/2020 - Roadshow Mobile Lab BSL-2 - Inovasi BPPT Hadir di Yogyakarta

SIARAN PERS BPPT

 

SP.No. 057/HMP/HMS/HKH/XII/2020

 

Yogyakarta, 18 Desember 2020

 

Roadshow Mobile Lab BSL-2 Inovasi BPPT Hadir di Yogyakarta

 

 

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) baru saja meluncurkan Mobile Laboratory Bio Safety Level-2 (BSL-2) varian bus. 

 

Usai ditahbiskan operasionalnya di Graha BNPB hari Rabu kemarin (16/12), laboratorium BSL-2 yang dibangun di atas moda transportasi bus tersebut, langsung dikemudikan menuju Kota Yogyakarta.

 

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan bahwa Mobile Lab BSL-2 varian bus, lebih mudah menjangkau berbagai wilayah. Hal ini dibuktikan dengan gelaran Roadshow Mobile Lab BSL-2, sebagai rangkaian giat Bakti Inovasi Teknologi. 

 

"Sesuai dengan konsepnya yang mobile, lab BSL-2 yang dibangun di atas bus ini, menjadi sebuah breakthrough, sebuah solusi. Mobile Lab BSL-2 varian bus, tentu lebih mudah menjangkau berbagai wilayah, untuk mendukung pelaksanaan tes swab Covid-19 yang lebih optimal," ungkap Hammam di Yogyakarta, Jumat (18/12/2020).

 

Yogyakarta tepatnya di area Universitas Gadjah Mada (UGM), sebut Hammam menjadi lokasi pertama kegiatan roadshow. Direncanakan kegiatan roadshow di UGM akan berlangsung sampai tanggal 19 Desember 2020, dan dilanjutkan dengan perjalanan menuju Provinsi Bali pada tanggal 20 Desember 2020, dan mulai melakukan pemeriksaan spesimen di Bali pada tanggal 22-24 Desember 2020. Selanjutnya pada tanggal 25, Mobile Lab BSL-2 akan menuju Jombang dan melakukan aktivitas pemeriksaan pada tanggal 26-28 Desember 2020.

 

Melalui roadshow ini imbuh Hammam, juga menjadi ajang edukasi dan informasi kepada masyarakat luas tentang inovasi teknologi  Mobile Lab BSL-2 untuk penguatan penanganan pandemi Covid-19.

 

Lebih lanjut Hammam menuturkan, Mobile Lab BSL-2 varian bus ini dikembangkan dengan beberapa pertimbangan dan perbaikan. Pertama dengan mengusung platform bus, dimaksudkan untuk memperkuat konsep mobilitas, sehingga lebih mudah dioperasikan di beberapa lokasi atau daerah yang membutuhkan. Kedua, pada varian bus ini ada penambahan fasilitas ekstraksi RNA (metode magnetic beads) yang dapat menggunakan reagen ekstraksi yang bervariasi untuk menjaga keberlanjutan pengujian.

 

Selain itu juga dilakukan penyempurnaan layout peralatan untuk meningkatkan akurasi data dan keamanan pengujian, serta sistem mekanik touchless pada pintu agar dapat buka tutup otomatis, untuk menghindari kontaminasi.

 

"Dengan kelebihan yang telah disebutkan, Mobile Lab BSL-2 varian bus ini merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya yang dibangun diatas trailer, dan kontainer. Ini merupakan sebuah transformasi yang membanggakan bagi perkembangan teknologi di Indonesia,” paparnya.

 

Transformasi Mobile Lab BSL-2

 

Perlu diketahui bahwa BPPT melalui Task Force Riset dan Inovasi Teknologi Penanganan Covid-19 (TFRIC-19), telah melaksanakan berbagai aksi dalam rangka penanganan pandemi Covid-19, dengan menekankan pada penguatan testing, tracing, treatment, dan detecting.

 

"Salah satunya adalah pengembangan dan pengoperasian laboratorium Mobile Lab Biosafety Level-2 untuk pemeriksaan spesimen menggunakan PCR dalam rangka testing/detecting Covid-19.

 

Pada periode Maret – Desember 2020, BPPT pun telah berhasil melahirkan tiga varian Mobile Lab BSL-2," kata Hammam.

 

Ketiga tipe tersebut yaitu, pertama adalah Mobile Lab BSL-2 tipe kontainer. Tipe ini menjadi bagian dari inovasi TFRIC-19 yang diresmikan oleh Presiden RI dan telah dioperasikan di RS TNI-AD Ridwan Meuraksa sejak 16 Juni 2020, hingga saat ini.

 

Kedua, Mobile Lab BSL-2 varian kontainer + trailer. Tipe ini memiliki desain yang sama dengan tipe pertama, namun ditambahkan fasilitas trailer

 

"Dua unit Mobile Lab BSL-2 tipe trailer telah diproduksi, dan digunakan oleh RS Pertamina Plaju Palembang, atas permintaan dan Kerjasama dengan Yayasan BUMN, dan di RS TNI Putri Hijau di Medan, atas dukungan pendanaan dari Kemenristek/BRIN," urainya.

 

Ketiga, Mobile Lab BSL-2 varian bus merupakan fasilitas laboratorium yang memenuhi persyaratan Biosafety Level-2. Tipe bus ini memiliki desain anteroom dan main room, yang dilengkapi dengan negative pressure, sistem interlock dan sistem kontrol ruangan otomatis, serta peralatan pemeriksaan spesimen seperti Biosafety Cabinet, PCR Autoclave dan peralatan lainnya. 

 

"Kami berharap Mobile Lab BSL-2 varian bus ini bisa menjadi model dan pilihan laboratorium bergerak yang dapat diperbanyak untuk ditempatkan pada beberapa lokasi atau daerah yang membutuhkan, dalam rangka meningkatkan kapasitas pemeriksaan Covid-19 di berbagai daerah," pungkasnya. 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT