• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

SP.060/XII/2020 - Roadshow Mobile Lab BSL-2 - BPPT Hadirkan Mobile Lab BSL-2 di Jombang

SIARAN PERS BPPT

 

SP.No. 060/HMP/HMS/HKH/XII/2020

 

Jombang, 27 Desember 2020

 

Roadshow Mobile Lab BSL-2 - BPPT Hadirkan Mobile Lab BSL-2 di Jombang

 

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengoperasionalkan layanan pengujian sampel Covid -19 dengan memanfaatkan Mobile Laboratory Biosafety Level-2" (Mobile Lab BSL-2) yakni bus yang dijadikan sebagai laboratorium. Ini merupakan rangkaian dari Roadshow Bakti Inovasi BPPT di Jombang, Jawa Timur yang sebelumnya telah dilakukan di Yogyakarta dan Denpasar.

 

Kepala BPPT Hammam Riza, mengatakan bahwa Bus ini adalah bus biosafety level-2, merupakan laboratorium yang dibutuhkan bila kita ingin memeriksa hasil te swab dengan cara PCR (Polymerase Chain Reaction).

 

Hammam menyebut, fasilitas di bus ini juga sesuai dengan standar yang dimiliki rumah sakit ataupun tempat pemeriksaan spesimen dari Covid -19. Selama ini, pemeriksaan hasil swab di rumah sakit maupun laboratorium dinas kesehatan dan itu membutuhkan waktu. Belum lagi ditambah dengan pengiriman hasil swab, sehingga dengan memanfaatkan fasilitas BSL-2 tersebut lebih mendekatkan pelayanan pemeriksaan.

 

“Bus ini dapat menjangkau daerah yang dilihat memiliki tingkat paparan tinggi, dengan demikian dapat mempercepat tes akurat. Banyak kapasitas testing baik rumah sakit terdekat maupun tempat lain yang selama ini melaksanakan tes PCR, dengan ini sebuah model menjadi karya inovasi yang berlangsung,” ujarnya saat meninjau pengoperasian Mobile Lab di RS Unipdu Medika, Kabupaten Jombang (27/12).

 

Selama ini, menurut Hammam, BPPT terus membuat terobosan baru untuk mendukung layanan tes Covid-19. Sebelumnya adalah kontainer, trailer dan yang sekarang ini bus. Bus ini akan mobilitas ke berbagai daerah yang sulit dijangkau yang selama ini dikirimkan spesimen dan membutuhkan waktu yang lama.

 

“Selain itu, tingkat efektivitas fasilitas layanan juga terus diperbaiki, Mobile Lab BSL-2 ini dirancang dapat memeriksa 500 sampel per 24 jam, hasil tersebut bisa diketahui dalam delapan jam,” pungkasnya.

 

Sebagai informasi, Mobile Lab BSL-2 ini juga dilengkapi dengan aplikasi pantau Covid -19 (PC-19) yang akan memudahkan masyarakat untuk melakukan tes swab, registrasi daring, serta mendapatkan jadwal waktu dan urutan tes.

 

Transformasi Mobile Lab BSL-2

 

Perlu diketahui bahwa BPPT melalui Task Force Riset dan Inovasi Teknologi Penanganan Covid-19 (TFRIC-19), telah melaksanakan berbagai aksi dalam rangka penanganan pandemi Covid-19, dengan menekankan pada penguatan testing, tracing, treatment, dan detecting.

 

"Salah satunya adalah pengembangan dan pengoperasian laboratorium Mobile Lab Biosafety Level-2 untuk pemeriksaan spesimen menggunakan PCR dalam rangka testing/detecting Covid-19.

 

Pada periode Maret – Desember 2020, BPPT pun telah berhasil melahirkan tiga varian Mobile Lab BSL-2," kata Hammam.

 

Ketiga tipe tersebut yaitu, pertama adalah Mobile Lab BSL-2 tipe kontainer. Tipe ini menjadi bagian dari inovasi TFRIC-19 yang diresmikan oleh Presiden RI dan telah dioperasikan di RS TNI-AD Ridwan Meuraksa sejak 16 Juni 2020, hingga saat ini.

 

Kedua, Mobile Lab BSL-2 varian kontainer + trailer. Tipe ini memiliki desain yang sama dengan tipe pertama, namun ditambahkan fasilitas trailer

 

"Dua unit Mobile Lab BSL-2 tipe trailer telah diproduksi, dan digunakan oleh RS Pertamina Plaju Palembang, atas permintaan dan Kerjasama dengan Yayasan BUMN, dan di RS TNI Putri Hijau di Medan, atas dukungan pendanaan dari Kemenristek/BRIN," urainya.

 

Ketiga, Mobile Lab BSL-2 varian bus merupakan fasilitas laboratorium yang memenuhi persyaratan Biosafety Level-2. Tipe bus ini memiliki desain anteroom dan main room, yang dilengkapi dengan negative pressure, sistem interlock dan sistem kontrol ruangan otomatis, serta peralatan pemeriksaan spesimen seperti Biosafety Cabinet, PCR Autoclave dan peralatan lainnya. 

 

"Kami berharap Mobile Lab BSL-2 varian bus ini bisa menjadi model dan pilihan laboratorium bergerak yang dapat diperbanyak untuk ditempatkan pada beberapa lokasi atau daerah yang membutuhkan, dalam rangka meningkatkan kapasitas pemeriksaan Covid-19 di berbagai daerah," pungkasnya. 

 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT