• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

BALITBANGDA SULSEL GANDENG BPPT KEMBANGKAN LUWU SEBAGAI PUSAT UKM PENGOLAHAN KAKAO

Lebih dari 20 % produksi kakao Indonesia berasal dari Sulawesi Selatan, untuk itu Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, melalui MP3EI telah menetapkan kakao sebagai salah satu komoditas unggulan daerah. Pada sektor pengolahan kakao, Kabupaten Luwu telah ditetapkan sebagai pusat pengembangan olahan kakao dengan skala UKM. Balibangda Provinsi Sulawesi Selatan dan Dinas terkait bekerjasama dengan BPPT, sepakat untuk melakukan pemberdayaan UKM pengolahan Kakao,  dengan fokus menyelesaikan masalah-masalah : keterbatasan akses informasi dan teknologi, serta akses permodalan dan pemasaran.  Sementara itu, Dinas Koperasi Perdagangan Perindustrian Kabupaten Luwu telah menyiapkan program-program pemberdayaan UKM pengolahan kakao secara berkesinambungan.

 

Pelatihan Teknologi Pengolahan Cokelat Compound


sosialisasi teknologi pengolahan coklat compound Salah satu tahapan kerjasama pemberdayaan UKM pengolahan kakao ini, pada tanggal 25 September 2013 telah dilaksanakan Pelatihan Teknologi Pengolahan Cokelat Compound, bertempat di koperasi Bina Harapan, Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu (Sulawesi Selatan). Acara tersebut dilaksanakan oleh tim kegiatan Pengolahan Kakao, Pusat Teknologi Agroindustri (PTA) - BPPT yang diketuai oleh Dr. Lamhot P. Manalu. Acara ini diikuti oleh 19 orang anggota koperasi dan petani kakao di Kabupaten Luwu. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi pengolahan kakao berupa produk cokelat compound dan produk-produk olahannya yang siap dipasarkan.

 

proses pengolahan coklat compound Disamping teori, pada kesempatan tersebut para peserta juga langsung melakukan praktek pembuatan coklat compound dan produk-produk olahannya. Dengan bekal pelatihan ini diharapkan dapat menginspirasi dan akan muncul usaha-usaha baru berbasis kakao.

Kepala Bidang perindustrian Kabupaten Luwu, Drs. Mursalim Oppo, pada pembukaan pelatihan tersebut menyampaikan akan membina dan memberdayakan para peserta untuk menjadi wirausahawan baru. Pada kesempatan yang sama, Direktur PTA-BPPT, Ir. Priyo Atmaji, M.Eng. memberi motivasi kepada peserta untuk memanfaatkan acara Pelatihan dengan sebaik-baiknya dan mendayagunakan sarana dan prasarana yang tersedia untuk dimanfaatkan sebagai sarana usaha guna kesejahteraan anggota koperasi Bina Harapan.

Sebagai tindak lanjut kegiatan ini, Balitbangkda Sulsel, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Luwu dan BPPT berkomitmen untuk merealisasikan Luwu sebagai pusat UKM pengolahan kakao yang berkelanjutan, dalam sebuah sistem inovasi yang komprehensif.


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT