• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kedeputian TAB Fokus Kembangkan Program Pangan dan Kesehatan untuk Pembangunan Nasional

 

 

 

BPPT menggelar acara Pra Raker 2014 yang berupa konvensi program-program yang akan diajukan ke Raker sebagai upaya penguatan program BPPT dalam menghadapi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Di acara ini masing-masing unit memaparkan program-programnya yang diajukan ke Raker 2014. Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB), Listyani Wijayanti mengatakan Kedeputian TAB mendapatkan amanah untuk mengembangkan dua program besar, yaitu pangan dan kesehatan. Untuk di pangan fokus programnya untuk meningkatkan agro, keamanan pangan, dan peningkatan diversifikasi pangan. Sedangkan di kesehatan TAB akan mengembangkan obat-obatan herbal untuk menciptakan kemandirian bangsa.

 

Lahirnya program-program di Deputi TAB tentu berkaitan dengan isu-isu nasional, seperti ketahanan dan kemandirian pangan dan obat-obatan. Dua hal itu yang menjadi tantangan Deputi TAB untuk melahirkan program-program yang berkualitas.

"Ada dua hal besar yang dilakukan Deputi TAB yang berkontribusi terhadap isu nasional. Pertama tentang bagaimana kita mampu memberikan kontribusi kepada penyelenggaran pangan di Indonesia, terutama untuk memenuhi pangan secara mandiri. Kedua adalah bagaimana kita bisa menyediakan obat-obatan, bentuknya berupa memberikan hasil kajian-kajian berupa pengembangan obat herbal dan juga pengembangan bahan baku obat-obatan di Indonesia," kata Listyani di sela Pra Raker BPPT 2014, di Puspiptek Serpong, (12/2).

Dia menambahkan, program-program yang dilakukan oleh Deputi TAB tentu akan berdampak pada pembangunan di Indonesia. Seperti meningkatkan kemampuan diversifikasi pangan dengan memperkenalkan tanaman lokal di Indonesia yang bisa dikembangkan sebagai sumber pangan fungsional. Selain itu, kita juga mengembangkan obat-obatan yang berasal dari tanaman asli Indonesia untuk menggantikan obat-obatan yang berharga mahal.

"Dengan digelarnya Pra Raker dalam bentuk konvensi program kami berharap mendapatkan masukan-masukan yang bermakna dari para stakeholder, asosiasi pangan dan kesehatan, BUMN farmasi, serta industri. Semuanya telah memberikan dorongan yang sangat konstruktif untuk terciptanya program-program yang berkaitan dengan pangan dan kesehatan," harap Listyani.

Listyani juga sangat mengapresiasi adanya konvensi program yang digelar kali ini. Dia berharap kedepannya acara ini bisa terus dilaksanakan oleh BPPT, karena banyak masukan-masukan yang bermanfaat dalam melaksanakan program di masa depan. "Konvensi program ini juga sangat berguna untuk semakin mengokohkan peran BPPT di dalam proses pembangunan nasional," ujarnya. (taw/SYRA/Humas)

 

 

 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT