• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Technopark Grobogan untuk Majukan Perekonomian Daerah

Niat pemerintah mengembangkan potensi daerah melalui pembangunan 100 Teknopark, seperti tercantum dalam Nawa Cita poin enam, ditanggapi serius oleh BPPT.

 

Dengan mandat melakukan asistensi dan pendampingan di delapan Teknopark, BPPT segera bergegas melakukan perwujudan melalui kerjasama daerah, kali ini dengan Kabupaten Grobogan.



Terletak di Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Grobogan merupakan sentra jagung dan kedelai bagi Jawa Tengah. Hampir 47persen stok jagung dan kedelai di Jawa Tengah, berasal dari kabupaten ini. Dengan terbentuknya Teknopark Grobogan, dianggap akan mampu memberikan nilai tambah bagi petani dan masyarakat.


Seperti dikatakan Kepala BPPT, Unggul Priyanto usai penandatanganan kerjasama di Kantor Bupati Kabupaten Grobogan, Jumat (24/04). "Jagung dan kedelai sangat berpotensi dalam program diversivikasi pangan. Karena, dimasa depan kita tidak bisa hanya tergantung pada satu pangan (beras). BPPT mendukung penuh pengembangan Teknopark di Grobogan ini," jelasnya.


Dalam membentuk dan membangun Teknopark, Unggul menekankan dukungan dari pemerintah daerahlah yang berperan. Menurutnya, Pemerintah Daerah harus menjadi aktor utama dalam program dan mengembangkan potensi daerah.


Sementara itu, Bupati Grobogan Bambang Pudjiono menyatakan apresiasinya kepada pendampingan yang dilakukan BPPT terhadap Kabupaten Grobogan. Menurutnya, daerah Grobogan sudah banyak merasakan manfaat dari pendampingan tersebut.


"Sejak tiga tahun lalu kami telah bekerjasama dengan BPPT. Banyak hal yang telah BPPT perbuat. Saat ini potensi kedelai kami sangatlah besar dan telah bersertifikasi. Pengembangan kapasitas SDM (Sumber Daya Manusia) dalam hal teknologi, kami rasakan sangat dibutuhkan," terangnya.


Dengan adanya pendampingan dari BPPT dalam Teknopark Grobogan, dirinya berharap akan muncul teknologi tepat guna bagi Kabupaten Grobogan yang secara sigifikan membantu meningkatkan perekonomian daerah serta mengurangi jumlah pengangguran. (Humas)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT