Tel: (021) 316 9534   Email: humas@bppt.go.id

BPPT Bahas Arti Penting Peran Industri di Techno Park Lampung Tengah

Guna mempercepat pembangunan Techno Park Lampung Tengah, BPPT bersama dengan Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Lampung Tengah menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertajuk Membangun Peran Industri untuk Techno Park Lampung Tengah.

 

Dalam pembukaannya, Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi Listyani Wijayanti mengatakan pembangunan Techno Park Lampung Tengah merupakan arahan dari Presiden RI Joko Widodo untuk mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia.

 

 

"Oleh karena itu, kita (BPPT) bersama pemerintah daerah, industri dan akademisi, harus bersama-sama membangun Techno Park ini dan memanfaatkannya untuk memproduksi pangan bagi Indonesia," kata Listyani, pada pembukaan FGD di The 7th Hotel, di Lampung, (4/6).

 

Listyani juga menyampaikan dalam pembangunan Techno Park harus mempertimbangkan keunggulan daerah. Untuk di Lampung Tengah akan dikembangkan komoditas utama, yaitu ubi kayu, padi dan ternak sapi. 

 

"Techno Park merupakan wahana transfer teknologi dan penerapan teknologi. BPPT siap melakukan dua hal tersebut agar komoditas utama dari Lampung Tengah bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat," ujar Listyani.

 

FGD ini menampilkan empat narasumber, di antaranya Sulhaji Jompa dari Balai Inkubator Teknologi BPPT, Ayi Ahadiat Kepala UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Lampung, Fidrianto Direktur PT Asindo Tech dan Dayu Ariasintawati Direktur Operasional PT Great Giant Livestock.

 

FGD menghasilkan beberapa rekomendasi yang nantinya bisa menjadi bahan masukan dalam pembangunan Techno Park Lampung Tengah.

 

Terkait peran industri di Techno Park Lampung Tengah, FGD ini merekomendasikan Techno Park harus berfungsi sebagai pusat inovasi dan inkubasi bisnis. Caranya dengan membina tenant hingga lulus menjadi sebuah perusahaan baru yang berdaya saing, sehingga mampu mendukung ekonomi daerah.

 

Techno Park Lampung Tengah juga harus menyiapkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerahnya untuk dapat mengelola Techno Park dan perusahaan baru, yang pada akhirnya bisa menstimulasi tumbuhnya industri yang inovatif.

 

Namun, untuk mewujudkan pembangunan Techno Park perlu ada koordinasi dan sinergi antara akademisi dan litbang, pelaku bisnis, pemerintah dan lembaga keuangan.

 

Dari FGD ini, Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah berharap keberadaan Techno Park bisa sejalan dengan pengembangan ekonomi daerah yang fokus pada tiga komoditas unggulannya, yaitu padi, sapi dan ternak sapi.

 

Di akhir FGD, kembali ditegaskan  bahwa inovasi yang dihasilkan dari Techno Park Lampung Tengah dapat berlanjut menjadi bisnis yang berkembang dan harus terkait dengan diversifikasi produk dan hilirisasi produk yang berbasis pada tiga komoditas unggulannya melalui penerapan go green concept dan blue economy concept.

 

Keberhasilan pengembangan Techno Park perlu didukung oleh adanya kelembagaan dan jaringan kerja yang kuat. Untuk itu perlu komitmen yang sungguh-sungguh dari setiap pelaku pembangunannya. (Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 9534

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id