• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kepala BPPT: Riset Pangan Obat dan Pertanian Harus Libatkan Industri

Selama tiga tahun terakhir, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama dengan National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST) Jepang terus bekerjasama dalam bidang riset. Untuk tahun ini, kerjasama riset mengarah kepada bidang-bidang strategis yaitu bidang Inovasi Teknologi Kesehatan, Pangan dan Pertanian berbasis Bio Resources.

 

Kepala BPPT Unggul Priyanto mengatakan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Jepang ini penting untuk mengakselerasi berbagai produk yang berbasis riset bio resources.

 

"Saya ingin tidak hanya lembaga riset saja yang mengembangkan produk berbasis bio resources, tapi industri strategis di Indonesia dan Jepang juga turut serta mewujudkan berbagai produk berbasis bio industri," kata Unggul di acara Joint Symposium on Health Food and Agricultural Technology di Bandung, kemarin (1/9).

 

Unggul juga menyampaikan, BPPT telah banyak menghasilkan berbagai produk di bidang kesehatan, pangan serta minuman. Dan hasilnya pun, telah dimanfaatkan secara luas oleh mitra-mitra kerja BPPT.

 

"Dalam hal riset di bidang pangan, BPPT berhasil mengembangkan Biskuneo, sebuah biskuit yang sangat bernutrisi, dengan kandungan karbohidrat dan protein tinggi. Sehingga akan cocok sekali untuk digunakan dalam keadaan darurat seperti bencana alam," jelas Unggul.

 

Untuk mewujudkan ketahanan pangan Indonesia, tambah Unggul, BPPT telah mengembangkan Ikan Nila Salina yang kini dapat dibudidayakan di air asin. 

 

"Kita juga telah mengembangkan tanaman sagu yang dapat dikonsumsi sebagai pangan alternatif karbohidrat selain beras," ungkap Kepala BPPT.

 

Sementara pada bidang kesehatan dan obat, saat ini BPPT tengah melakukan riset berbagai produk farmasi yang berbahan baku lokal. Hal ini untuk mewujudkan perekayasaan dan penelitian produk farmasi berbasis herbal.

 

"Semua ini kami lakukan tentu dengan skema melibatkan industri strategis sebagai mitra kerja. Dengan kerjasama ini kami harapkan produk yang dihasilkan dapat digunakan langsung oleh industri, pungkas Unggul. (Humas)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT