Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Ciptakan Pabrik Enzim Pertama di Indonesia, BPPT Transfer Teknologi Produksi Enzim ke PT Petrosida Gresik

Kebutuhan enzim atau biokatalis untuk industri, 99 persen masih diimpor dari negara lain. Padahal, konsumsi enzim pada sektor industri di Indonesia mencapai 2500 ton dengan nilai impor 187,5 Milyar di tahun 2015 ini. Tentu dibutuhkan upaya guna memproduksi enzim di negeri sendiri. Mengatasi hal itu, BPPT melalui Pusat Teknologi Bioindustri berupaya mengembangkan produksi enzim dengan sumberdaya hayati lokal.

 

Menyasar industri, BPPT bermitra dengan PT Petrosida Gresik, sejak tahun lalu bersama mengembangkan unit produksi enzim berkapasitas 200 ton enzim powder per tahun.

 

 

"BPPT memberikan dukungan teknologi produksi enzim, dalam bentuk konsultasi teknis dan transfer teknologi. Kita bantu siapkan engineering design, serta pelatihan teknologi produksi enzim mulai dari hulu sampai hilir," ungkap Kepala BPPT usai penandatanganan MoU dan Perjanjian Lisensi antara BPPT dengan PT Petrosida Gresik, yang berlangsung di Kantor PT Petrosida, Gresik, (5/1).

 

Ini adalah pabrik enzim pertama di Indonesia, semoga produknya bisa mengurangi impor. Semoga nantinya permintaan enzim ini berkembang sehingga penggunaan bahan kimia bisa dikurangi. "Selain lebih ramah lingkungan, enzim ini juga buatan bangsa kita sendiri," ujarnya.

 

 

Kepala BPPT juga berharap kedepan dapat dilakukan alih teknologi untuk produksi  3(tiga) jenis enzim, yakni protease, xilanase dan lipase.

 

 

Protease sendiri digunakan untuk aplikasi di industri kulit pada proses perontokan bulu. Kemudian xilanase diipakai untuk aplikasi di industri pulp dan kertas. Sementara enzim lipase digunakan di industri pembuatan detergen, produksi biodiesel dan juga industri pangan.

 

 

"Saya apresisasi dengan PT Petrosida yang inisiatif membangun pabrik ini. Saya harap kerjasama ini bisa dilanjutkan untuk menggunakan temuan BPPT lainnya," pungkasnya. (Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id