Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Kepala BPPT Teken Kerjasama Dengan Walikota Batu Kembangkan Agroindustri Kota Batu

 

 

“Pembangunan nasional yang dicanangkan pemerintah saat ini lebih mengedepankan peran pemerintah daerah dengan menggali potensi lokal yang dimiliki. Seperti yang tertuang dalam agenda prioritas pemerintahan yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah - daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Berangkat dari hal itulah BPPT lakukan inisiasi kerjasama dengan Pemerintah Kota Batu ini,” ungkap Kepala BPPT, Unggul Priyanto sesaat setelah Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara BPPT dengan Pemerintah Kota Batu, Jumat (15/4).

 

 

Kota Wisata Batu belakangan ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat terutama terkait agrowisata yang menjadi ikonnya. Sebagai komoditi unggulan , Apel Manalagi dan Kentang menjadi salah satu fokus awal kerjasama ini. Salah satu kendala dalam pengembangan kedua komoditas tersebut selama ini adalah kurangnya ketersediaan bibit yang bermutu, bersertifikat dan dengan harga yang terjangkau oleh petani. “Melalui teknologi kultur jaringan in vitro dan ex vitro, BPPT melalui Balai Bioteknologi akan membantu ketersediaan bibit tanaman dengan kualifikasi tersebut dalam jumlah masal, dan dalam waktu cepat,” lanjut Unggul.

 

 

Lebih lanjut dikatakan Kepala BPPT bahwa keunggulan pembibitan yang dilakukan BPPT adalah dapat membuat bibit yang sama unggulnya dengan indukan. “Jadi kalau indukan bisa berbuat 10 Kg per pohon, anakannya sama juga 10 Kg,” ungkapnya.

 

 

 

Pada kesempatan yang sama, Walikota Batu, Eddy Rumpoko sangat menyambut baik adanya kerjasama tersebut. Dikatakan Eddy, bersamaan dengan momentum berkembangnya Kota Batu, dibutuhkan tenaga ahli yang dapat mengembangkan tidak hanya sektor pariwisata tetapi juga potensi Kota Batu lainnya yang masih terpendam baik SDM, SDA, maupun geografis yang ujung-ujungnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

 

“Ke depan kami juga berkeinginan mengembangkan smart city di bidang pertanian. Jadi bagaimana potensi yang ada di kota ini dapat terangkat dan masyarakat bisa sejahtera dengan teknologi. ,” terang Eddy.

 

 

Untuk sektor pariwisata menurutnya juga sangat memerlukan adanya sentuhan teknologi. Dimana saat ini dengan berkembangnya sektor pariwisata di Kota Batu, menjadikan berkembang pula sektor kuliner dan jajanan. “Tapi kualitas kuliner dan jajanan yang ada disini masih rendah. Karena itu diharapkan dengan juga dengan adanya kerjasmaa ini dapat meningkatkan kualitas dari jajanan dan kuliner Malang,” ungkapnya.

 

 

Menyambut baik apa yang disampaikan Walikota Batu, Kepala BPPT menyatakan siap untuk bekerjasama dengan Pemkot Batu tidak hanya di bidang agroteknologi dan agrowisata saja tetapi juga dapat mengarah pada kerjasama lainnya seperti cyber city, juga kerjasama untuk bidang TIK dan energi. 

 

“Kerjasama ini bisa berhasil hanya dengan adanya semangat yang sama dari kedua belah pihak untuk sama-sama mengembangkan. Karena itu diharapkan kerjasama ini bukan hanya seremonial belaka tapi juga dapat segera diwujudkan dalam kerjasama nyata yang ujung-ujungnya dapat meningkatkan kesejahateraan masyarakat,” tutup Unggul. (HMP/Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id