• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

BPPT Beri Inovasi Teknologi Tingkatkan Potensi Pertanian Kabupaten Lingga

 

Tanjungpinang, (31/05) - Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Unggul Priyanto dan Bupati Kabupaten Lingga Alias Wello tandatangani Kesepakatan Bersama. Penandatanganan tersebut, ungkap Kepala BPPT merupakan bukti dukungan BPPT untuk mendorong pembangunan daerah, serta lanjutan atas kunjungan Bupati Lingga ke Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) BPPT, Serpong, pada April lalu.

Dalam penandatanganan ini kedua belah pihak sepakat bekerjasama dalam bidang pengkajian, penerapan, dan pemasyarakatan teknologi untuk mendukung pembangunan daerah Kabupaten Lingga.

 

 

Unggul lantas menuturkan bahwa BPPT sebagai lembaga kaji terap teknologi siap membangun Indonesia mulai dari daerah sesuai amanah Nawa Cita. "Kami siap membantu dan bekerjasama dengan daerah manapun " sebutnya.

 

Kemudian terkait teknologi pertanian, Unggul menyebut pihaknya tengah berupaya meningkatkan kaji terap inovasi di bidang pangan.

"Saat ini BPPT tengah mengembangkan beras analog, beras yang merupakan campuran dari sagu dan jagung yang kadar gizinya jauh lebih baik dibandingkan beras padi. Beras analog Ini juga untuk mengatasi kebutuhan pangan khususnya beras," ujarnya.

 

Sementara Bupati Lingga berharap melalui kesepakatan ini dapat mendukung ketahanan pangan nasional. Sebagaimana diketahui bahwa sumberdaya alam khususnya tanaman sagu sangat melimpah di Kabupaten Lingga. "Tahun depan kami mencanakan akan mencetak 3000 hektar lahan sawah. Dengan ini maka kabupaten Lingga akan menjadi lumbung padi di Kepulauan Riau bahkan untuk skala nasional," tandasnya.

 

 

 

Menanggapi Bupati, Unggul menyarankan agar selain beras, kita harus mulai mengalihkan bahan pokok makanan ke hal lain seperti sagu, jagung dan lain-lain. Lebih lanjut Unggul juga berharap apa yang telah ditandatangani dalam kesepakatan bersama ini dapat terwujud. "Segera realisasi dan jalankan sebagaimana mestinya," pungkasnya. (Humas/HMP)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT