Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Teknologi Ex Vitro BPPT, Cara Mudah Dapatkan Benih Unggul Berkualitas

 

Sebagai sebuah teknologi, belum banyak yang mengenal teknik perbanyakan benih secara ex vitro. Padahal dengan teknik ini, para petani dapat memperbanyak benih yang unggul dengan cara sederhana, cepat dan murah.


"BPPT memiliki banyak teknologi yang bermanfaat, salah satunya adalah teknologi perbanyakan benih secara ex vitro yang dikembangkan Balai Bioteknologi BPPT (Biotek). Melalui teknologi ini, diharapkan para petani dapat meningkat kesejahteraannya," ucap Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan BPPT, Makmuri, saat membuka acara Diseminasi Teknologi Untuk Perbanyakan Bibit Jati di Sidareja, Cilacap, Sabtu (30/09).

 

Selain tanaman Jati, tambah Makmuri, teknologi ex vitro juga bisa dipakai untuk tanaman lainnya yang memang cocok dikembangkan disini. "Tadi saya liat diperjalanan banyak pohon durian, bapak-ibu juga bisa memperbanyak dengan cara ini. Atau misalkan pohon rambutan. Kan banyak juga disini," katanya kepada para peserta pelatihan.

 

Dito Ganinduto, anggota Komisi VII DPR yang hadir dalam acara menekankan pentingnya diseminasi ini bagi masyarakat, khususnya di daerah Sidareja.

 

"Teknologi ex vitro banyak manfaatnya bapak-ibu, sudah banyak berhasil dipakai didaerah lain. Jadi saya minta semuanya serius mengikuti pelatihan ini. Saya ingin lihat hasilnya segera. Kalau ada hal-hal yang masih belum paham, jangan ragu bertanya kepada tim BPPT," ucap Dito.

 

Terpisah, Kepala Seksi Kerjasama dan Layanan Jasa Teknologi Balai Biotek BPPT, Abdul Latif menjelaskan bahwa selain untuk meningkatkan kapasitas atau keahlian masyarakat Cilacap, teknologi ex vitro juga dapat secara langsung membantu menggulirkan ekonomi rakyat.

 

"Untuk tanaman Jati, kami telah menekan angka mortalitas serendah mungkin. Jadi keberhasilannya sudah diangka 96 persen," tandas Latif.

 

Untuk diketahui, sebelumnya Balai Biotek BPPT telah melakukan diseminasi teknologi ex vitro dibanyak tempat dengan tanaman yang sesuai dengan keunggulan atau ciri khas daerah tersebut. Misalkan, tanaman lada di Bangka, tanaman kentang di Batu, tanaman Satoimo di Bantaeng, tanaman Jahe merah di Pemalang serta tanaman Kakao di Aceh. (humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id