Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Inovasi Pakan Sapi BPPT  Dorong Produktivitas Sapi Potong, Dukung Ketahanan Pangan

 

 

Pemerintah menargetkan penambahan populasi sapi sebesar 3,2 juta ekor pada tahun 2017, sebagai langkah untuk memenuhi kebutuhan daging nasional. Sebagai solusi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) berhasil mengkaji terap formula pakan ternak bernutrisi tinggi, agar Indonesia mampu penuhi kebutuhan daging sapi dan mengurangi impor.

 

Dipaparkan oleh Direktur Pusat Teknologi Produksi Pertanian BPPT, Arief Arianto, pihaknya telah berhasil menerapkan inovasi pakan sapi berbahan limbah sawit untuk dikonsumsi sapi potong. Inovasi pakan Sapi ini diyakini Arief, mengandung nutrisi tinggi.

 

“Konsekuensi target tersebut perlu didukung oleh pengadaan pakan dan lahan.   Untuk itu pemanfaatan potensi perkebunan kelapa sawit sebagai bahan pakan untuk ternak sapi, dapat dijadikan solusi terbaik. Indonesia memiliki perkebunan sawit sekitar 11,3 juta hektar lebih,  sangat potensial  untuk mendukung perkembangan populasi sapi nasional melalui program integrasi lahan sawit dengan peternakan sapi,” jelasnya. 

 

Lebih lanjut Arief juga menjelaskan bahwa inovasi pakan sapi sawit ini mampu meningkatkan bobot sapi potong. Untuk itu pun BPPT mencoba memberikan pelatihan serta diseminasi teknologi yang sudah diterapkan di beberapa wilayah.

 

“Kali ini BPPT bekerjasama dengan anggota Komisi VII  Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia Muhammad  Nasir, melakukan Diseminasi Teknologi Integrasi Sapi Sawit di Desa Tran Mataram, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar,” ujarnya pada pelatihan yang digelar pada 19 Desember kemarin.

 

Pada diseminasi yang diikuti oleh 25 orang kepala desa se Kecamatan Tapung dan 25 perwakilan kelompok ternak di Kecamatan Tapung inipun,  Anggota Komisi VII M. Nasir yang hadir dalam diseminasi inipun menyebut bahwa kegiatan ini penting bagi petani dan peternak setempat.

 

“Semoga dengan pelatihan ini pengetahuan dan keterampilan peternak di kabupaten Kampar dapat lebih berinovatif dalam budidaya ternak sapi potong sehingga dapat berkontribusi langsung dalam peningkatan populasi ternak di Indonesia,” pungkasnya.

 

Adapun pelatihan ini berfokus pada aplikasi teknologi pengolahan pakan asal limbah sawit, teknologi reproduksi, teknologi kesehatan hewan dan manajemen pemeliharaan. Sebagai bahan pelatihan telah diserahkan 2 paket pengolahan pakan ternak berbasis limbah sawit yang terdiri dari mesin pencacah pakan sawit, mesin pencampur pakan dan mesin penggiling pakan. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id