Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT Bentuk FORPATI, Sinergikan Pelaku Usaha dan Ahli Teknologi Pati Dengan Industri

 

Lampung, bppt.go.id - Balai Besar Teknologi Pati (B2TP) BPPT menyelenggarakan pembentukan Forum Komunikasi Pelaku Usaha dan Ahli Teknologi Pati (FORPATI), disertai  Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Sinergi pelaku usaha dan Ahli Teknologi Pati” di Gedung Pusat Informasi Bisnis Teknologi dan Technopark BPPT, Bandar Lampung (15/05).

 

Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT (TAB), Soni Solistia Wirawan dalam sambutannya mengatakan bahwa FORPATI merupakan organisasi yang ditujukan untuk mempermudah akses informasi dari dan ke industri maupun lembaga Penelitian, Pengembangan dan Perekayasaan (Litbangyasa) dan Perguruan Tinggi.

 

 

“Mudahnya akses informasi dan komunikasi dapat menumbuhkan sinergi dan kerjasama antara pelaku usaha dan ahli teknologi pati sehingga dapat mempercepat hilirisasi teknologi dari Lembaga Litbangyasa dan Perguruan Tinggi ke industri,” terang Deputi TAB.

 

Lebih lanjut, menurut Soni, keterbukaan akses informasi dan komunikasi antara lembaga Litbangyasa, Perguruan Tinggi dan industri serta dukungan regulasi pemerintah akan menciptakan iklim bisnis yang positif dalam pengembangan produk dan teknologi sehingga industri pati dapat semakin maju dan mampu bersaing dalam pasar global.

 

“Produk-produk hasil pengembangan teknologi Pati dari BPPT serta Litbangyasa dari Lembaga dan Perguruan Tinggi semoga bisa di kerjasamakan dengan baik dengan para pengusaha, khususnya produk dari B2TP,” harap Soni.

 

Sebagai informasi Pati B2TP BPPT mempunyai tugas pokok yaitu melaksanakan pengkajian, pengembangan, dan penerapan teknologi produksi sumberdaya pati, proses diversifikasi produk berbasis pati, produksi ethanol dan derivatifnya untuk memenuhi kebutuhan industri pangan, non-pangan, maupun energi.

 

B2TP sendiri merupakan pusat unggulan pengembangan pati dan diharapkan mampu berperan untuk mendorong pertumbuhan industri berbasis pati serta penerapan teknologi berbasis pati yang efisien, handal dan ramah lingkungan.

 

Pembentukan FORPATI sendiri ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Dukungan FORPATI. Acara ini juga dilanjutkan dengan FGD  dan temu bisnis yang dihadiri oleh pemangku kebijakan dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/kota di Lampung, Ahli Teknologi Pati dari Kementerian dan Lembaga,  Perguruan Tinggi, serta para pelaku usaha yang menampilkan hasil-hasil riset dan produk-produk teknologi dari Lembaga Litbangyasa serta Perguruan Tinggi yang kiranya bisa digunakan para pelaku usaha khususnya di Provinsi Lampung. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id